Berita

BEM FBS KM UNP Gelar Bakti Sosial dengan Tema Ekspedisi Kampus Ungu di Kabupaten Solok

Senin, 14 November 2022 Humas UNP - Siti Sarah 701

Padang— Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang melaksanakan bakti sosial yang diberi nama “Ekspedisi Kampus Ungu.” Penamaan ini diambil dari ciri khas Fakultas Bahasa dan Seni yang identik dengan warna ungu.

Ekspedisi Kampus Ungu berlangsung dari tanggal 11-13 November 2022 di Jorong Taratak Jarang, Nagari Talang Babungo, Kabupaten Solok dengan mengangkat tema “Revitalisasi Seni bersama dengan masyarakat Jorong Taratak Jarang.” Kegiatan ini menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat. 


Ekspedisi Kampus Ungu dilepas secara resmi oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Prof. Dr. Ermanto, S.Pd.,M.Hum. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum menyampaikan pesan agar menjaga nama baik almamater dengan melaksanakan program yang bermanfaat dan bermakna sehingga program ini dapat dikenang oleh masyarakat. 

Kegiatan Ekspedisi Kampus Ungu menjunjung 5 Aspek, yaitu Keagamaan, Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Kesenian. Dalam aspek keagamaan, BEM FBS KM UNP melakukan Tadarus bersama warga, mengaji bersama anak-anak setempat, dan mengadakan wirid bersama. Dalam aspek pendidikan, BEM FBS KM UNP mengadakan sosialisasi ke SD, SMP, SMA terkait guna memberikan pengetahuan kepada generasi muda di Jorong Taratak Jarang. 


Pada tingkat SD, BEM FBS KM UNP membantu kegiatan belajar mengajar, memberikan bentuk pembelajaran yang menarik, dan bermain bersama. Pada tingkat SMP, BEM FBS KM UNP membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris yang dilengkapi dengan permainan yang menarik. Pada tingkat SMA, BEM FBS KM UNP memberikan pengetahuan dan sosialisasi terkait beasiswa di Perguruan Tinggi Negeri khususnya Universitas Negeri Padang. 


Dalam aspek sosial, BEM FBS KM UNP melakukan kegiatan menanam bibit tanaman untuk memperindah lokasi wisata setempat, melaksanakan gotong royong dan membersihkan masjid. BEM FBS KM UNP juga mengajak masyarakat Jorong Taratak Jarang untuk melakukan senam pagi bersama, dan membagikan vitamin-C untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar menjaga Kesehatan dari hal-hal yang kecil

Dalam aspek kesenian, Fakultas Bahasa dan Seni yang identik dengan kesenian dalam hal ini melakukan kegiatan seni membuat mural berupa lukisan dinding yang disesuaikan dengan keadaan alam di Nagari Talang Babungo. Kegiatan ini bertujuan untuk menghadiahi seni kepada masyarakat Jorong Taratak Jarang. BEM FBS KM UNP juga mengajari anak-anak menari dan menyanyi yang akan ditampilkan dalam acara puncak kegiatan yaitu “Pentas Seni Ekspedisi Kampus Ungu” . 


Dengan adanya kegiatan Ekspedisi Kampus Ungu diharapkan memberikan kesadaran sosial kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang, khususnya Fakultas Bahasa dan Seni agar dapat berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. (Risky/Humas UNP)









Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah