Berita

Pemkab Pessel Hibahkan 1,6 Hektar Tanah untuk Pengembangan Universitas Negeri Padang

Sabtu, 14 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 306

Painan -Guna pengembangan Universitas Negeri Padang (UNP) menerima hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan. Serah terima ini ditandai dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) & Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Tanah seluas 1,6 Ha dari Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) melalui Bupati Pesisir Selatan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pessel ke Universitas Negeri Padang di ruang rapat bupati pessel, Jum'at (13/9).

Rektor UNP, Krismadinata, Ph.D., dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada Bupati dan masyarakat Pesisir Selatan atas dukungan tersebut. "Hibah ini bukan hanya menjadi bentuk dukungan nyata terhadap pengembangan pendidikan tinggi, tetapi juga simbol komitmen bersama dalam memajukan kualitas pendidikan di Sumatera Barat, khususnya di Pesisir Selatan," ujar Krismadinata.

Lebih lanjut, Rektor UNP menegaskan bahwa hibah ini memiliki nilai strategis bagi pengembangan UNP ke depan. "Dengan adanya hibah ini, UNP akan memiliki fondasi yang lebih kuat untuk memperluas dan meningkatkan program pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat di Pesisir Selatan," jelasnya.

Sekda Kabupaten Pessel dalam sambutannya menyatakan komitmen pemerintah daerah untuk terus bekerja sama dengan UNP. "Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk pengembangan kampus UNP di Pessel, sehingga dapat memajukan nagari-nagari di Pesisir Selatan," ujarnya. Sekda juga menekankan pentingnya peran UNP dalam memajukan ekonomi lokal, khususnya dengan mengembangkan potensi lahan gambir seluas 9.991 hektare. "Kami berharap UNP bisa menciptakan model BUMD yang qualified dan dapat diandalkan untuk mengelola sentra industri kecil menengah (IKM) gambir," tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi dari UNP, termasuk Wakil Rektor I dan II, serta perwakilan dari Pemerintah Daerah Pessel, seperti Asisten I dan II, Kepala Dinas Pendidikan, dan Forkopimda setempat. Keberadaan UNP sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di Pesisir Selatan diharapkan dapat terus berkembang dan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

Penyerahan hibah tanah ini menandai tonggak penting dalam perjalanan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Universitas Negeri Padang, memperkuat komitmen bersama dalam membangun masa depan pendidikan dan perekonomian daerah.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah