Berita

Kolaborasi Internasional: Universitas Negeri Padang dan UPNM Gelar Summer Course 2024

Kamis, 12 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 483

Malaysia,  17 Agustus 2024 – Dalam rangka program Student Mobility tahun 2024, Universitas Negeri Padang bersama Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM) melakukan program Summer Course untuk mahasiswa. Kegiatan yang dibuka secara daring pada tanggal 15 Agustus 2024 oleh Wakil Rektor IV UNP, Dr. rer. nat. Deski Beri, S.Si, M.Si ini merupakan salah satu bentuk kerja sama internasional yang bertujuan untuk memperluas wawasan akademik mahasiswa sekaligus memfasilitasi pertukaran budaya dan pengalaman akademik lintas negara.

Setelah dibuka dan disambut hangat di negeri jiran ini, mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan yang dibina langsung oleh para dosen dari kampus pertahanan nasional Malaysia. Dosen pakar yang diturunkan oleh pimpinan UPNM dalam kegiatan ini mengelola berbagai sesi perkuliahan secara apik dan menarik. Beberapa mata kuliah menarik yang disediakan untuk mahasiswa UNP dalam program ini diantaranya Intercultural Communication, Al Ghazali's Dialogue - English Communication, Ethics in IT, Robotic Class dan Ship simulator. Prof. Rusnardi Rahmat Putra, S.T., M.T., Ph.D., Eng selaku Direktur Internasionalisasi UNP menyatakan bahwa “Semua mata kuliah ini merupakan hasil diskusi dari pihak UNP dengan UPNM dan dinilai sangat penting dalam rangka membekali mahasiswa dengan isu internasional serta pentingnya penggunaan IT dalam dunia akademik dan industri”.

Lebih lanjut, “Program Student Mobility ini sangat membantu saya dalam memperdalam ilmu serta memahami bagaimana budaya dari negara Malaysia, bagaimana komunikasi berdasarkan pandangan Al Ghazali serta bagaimana rasanya mengoperasikan kapal di lingkungan virtual” ujar salah satu peserta, Abdul Latif, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Padang. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang untuk berdiskusi langsung dengan para akademisi dari Universitas Pertahanan Nasional Malaysia. Luar biasanya lagi, pada kegiatan perkuliahan ini tidak saja diikuti oleh mahasiwa UNP namun juga menyertakan mahasiwa UPNM Malaysia. Serta, kegiatan ini juga melibatkan Efni Cerya, S.Pd.,M.Pd.E dan Hijriyantomi Suyuthie, S.IP.,MM selaku dosen pendamping dari UNP sebagai kolaborator dalam kegiatan perkuliahan dan kegiatan non perkuliahan.

Menurut Dekan Fakulti Sains dan Teknologi Pertahanan (FSTP) UPNM Malaysia, Lt Kdr Prof. Madya. Ts. Dr. Mohd Norsyarizad bin Razali TLDM, program ini bukan hanya meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa, tetapi juga memperkuat hubungan kerja sama antar UPNM Malaysia dan Universitas Negeri Padang. “Kami sangat berharap serangkaian kurikulum summer course yang kami berikan mampu menjawab harapan UNP dalam memperkaya pengalaman belajar mahasiswa UNP, sekaligus membuka peluang kolaborasi riset di masa depan,” ungkapnya. (ec/Humas UNP)













Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah