Berita

Gandeng FIP UNP, UNSW Australia Sosialisasikan berbagai Program Beasiswa dan Kerjasama International

Kamis, 12 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 355

Padang, 9 September 2024 — Departemen Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan workshop yang sangat bermanfaat pada Senin, 9 September 2024. Fokus pada workshop ini adalah peluang bagi mahasiswa untuk studi di luar negeri, pertukaran pelajar, dan melanjutkan program magister. Acara ini berlangsung di Aula Lantai 4 Gedung FIP UNP dan dihadiri oleh lebih dari 300 peserta mahasiswa dari departemen PLB, Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons, Kepala Departemen PLB, Dr. Elsa Efrina, M. Pd dan dosen departemen pendidikan luar biasa. Hadir juga dalam acara ini adalah mahasiswa dari Departemen Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Non-Formal, dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Workshop ini menampilkan pembicara Nur Fatmah Syarbini, Country Director untuk Divisi Akademik dan Pendidikan, University of New South Wales (UNSW)-Indonesia, dan didampingi Antoni Tsaputra, Ph.D., seorang alumni UNSW dan dosen dari Departemen PLB, sebagai moderator acara.

“Kegiatan bersama UNSW ini bukan kegiatan pertama, FIP telah bekerja sama dengan UNSW dimulai dengan adanya Tim Teaching dengan Dr. Gianfraco pada mata kuliah Pendidikan Inklusif, dan pertemuan dalam menginisiasi kerjasama dengan Prof. Collin perwakilan dari UNSW”, ujar Prof. Dr. Afdal, M.Pd., Kons.  Workshop ini memberikan gambaran menyeluruh tentang program-program pengembangan diri secara akademik yang dapat dimanfaatkan mahasiswa yang sedang kuliah Sarjana (S1), di UNSW dan universitas lain di Australia. Selain itu, dikenalkan juga berbagai beasiswa dan pendanaan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mendukung keikutsertaan dalam program-program tersebut. Diskusi mencakup berbagai jenis beasiswa, termasuk yang ditawarkan oleh UNSW, sesi motivasi untuk memperluas cakrawala mahasiswa dan mendorong mereka memanfaatkan peluang yang ada serta tips and trik mendapatkan beasiswa.

Dalam workshop tersebut, Nur Fatmah Syarbini menekankan terbukanya kesempatan bagi seluruh mahasiwa, dan inklusivitas di berbagai program serta beasiswa. Workshop ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pembicara dan mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang aspirasi studi mereka di luar negeri. Acara ini mendapat umpan balik positif dari peserta, yang pulang dengan motivasi baru dan pengetahuan praktis tentang melanjutkan pendidikan mereka di tingkat internasional. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan workshop tersebut , ditunjukkan dengan banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya pada sesi tanya jawab. Terlebih, adanya pembagian merchandise dari UNSW, yang tidak hanya sebagai hadiah tetapi juga sebagai simbol komitmen universitas dalam mendukung mahasiswa dalam mengejar pendidikan mereka. Dalam kesempatan ini Kepala Departemen PLB, Dr. Elsa Efrina juga mengharapkan agar kegiatan ini tidak berhenti disini dan dapat berlanjut dengan kerjasama yang telah diinisiasi ditahun sebelumnya dalam hal join research, visiting scientist, dan tentunya pertukaran mahasiswa. (PLB/Humas UNP)









Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah