Berita

Dua Buku Terbaru Karya Dosen Fakultas Ekonomi

Minggu, 12 Februari 2023 Humas UNP - Siti Sarah 511

Padang – Di pertengahan Februari 2023 ini, dalam waktu yang berdekatan dua orang Dosen dari Fakultas Ekonomi UNP berhasil menerbitkan buku. Mereka adalah Dr. Muhammad Irfan, SE, M.Si yang menulis buku dengan judul “Teori dan Aplikasi Data Envelopment Analysis: Pengukuran Efisiensi Sekolah dan Layanan Pendidikan Pemerintah” dengan penerbit Raja Grafindo Persada, dan Dr. Alpon Satrianto, SE, ME yang menulis buku dengan judul “ Teknik Analisis Perencanaan Pembangunan Daerah” dengan penerbit yang sama. 

Dalam bukunya, Irfan menulis mengenai analisis efisiensi layanan persekolahan dan pendidikan dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Pendekatan DEA merupakan prosedur yang dirancang secara khusus untuk mengukur efisiensi relatif suatu Unit Kegiatan Ekonomi atau pengambil kebijakan  yang memungkinkan analisis dengan banyak input dan output. Pendekatan DEA ini diterapkan pada berbagai unit pengambil kebijakan, baik sekolah, pemerintah daerah, perbankan, dan unit pengambil kebijakan lainnya. Buku ini merupakan hasil dari pengalaman Irfan dalam melakukan sejumlah penelitian tentang efisiensi pendidikan maupun persekolahan.

Selanjutnya, buku Alpon Satrianto yang ditulis bersama dengan Prof. Sjafrizal, SE., MA, menjelaskan tentang teknik analisis perencanaan pembangunan daerah yang dibutuhkan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan. Buku ini ditujukan kepada tenaga perencana dengan keahlian dan keterampilan yang memadai tentang teknik analisis perencanaan pembangunan daerah. Saat ini, kenyataan lapangan menunjukkan bahwa keahlian tenaga perencana pembangunan daerah yang demikian ternyata masih sangat terbatas sehingga ketersediaan buku ini menjadi sangat diperlukan. (OT/Humas UNP)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah