Berita

Kuliah Internasional Sendratasik FBS UNP Bahas Koleksi Digital Lagu-lagu Minang di Belanda

Kamis, 9 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 490

PADANG - Departemen Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang kembali melaksanakan perkuliahan internasional berupa "Visiting Scholar" bersama dosen asing Dr. Shafa'atussara Silahudin dari University Malaya, Malaysia.

Demikian disampaikan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Musik Departemen Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, Yensharti, S.Sn., M.Sn. kepada wartawan portal beritaminang.com pada Kamis (9/11) sore di Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.


Lebih lanjut Yensharti, S.Sn., M.Sn. menyampaikan bahwa perkuliahan internasional untuk pertemuan ketiga ini membahas tentang Koleksi Digital Lagu-lagu Minang di Perpustakaan Leiden University, Belanda.

"Cukup banyak dokumetasi Musik Populer Minangkabau yang tersimpan di Leiden University Belanda," bahas Dr. Shafa'atussara Silahudin.

Beberapa karya dokumentasi tersimpan dalam bentuk tulisan dan karya lagu tahun 2012 dijelaskan dengan baik oleh Dr. Shafa'atussara Silahudin, dosen dari University Malaya tersebut.

"Lagu Popular Minangkabau memiliki karakteristik yang unik sehingga perlunya generasi muda untuk mencintai budaya sendiri dan melestarikannya dengan baik," tambah Dr. Shafa'atussara Silahudin.

Pada kesempatan itu Dr. Shafa'atussara Silahudin menyampaikan bahwa tugas generasi muda untuk memelihara budaya masa lalu agar tidak hilang begitu saja dengan jalan melakukan penelitian ataupun membuat pertunjukan.

Kaprodi Perpustakaan Musik Departemen Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang Yensharti, S.Sn., M.Sn. menyampaikan pembicaraan tentang keunikan/karakteristik lagu-lagu Minang akan dilanjutkankan pada pertemuan terakhir yang direncanakan pada tanggal 15 November 2023.(ET) berita dikutip dari beritaminang.com


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah