Berita

Satgas Halal Sumbar Rekomendasikan UNP Sebagai Pelatih Calon Pendamping Halal

Sabtu, 9 Maret 2024 Humas UNP - Siti Sarah 868

Bukittinggi, 7 Maret 2024 – Satuan Tugas (Satgas) Halal Sumatera Barat merekomendasikan Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai pelatih para calon pendamping halal di Sumbar. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Satgas Halal Sumbar Dr. Ikrar Abdi pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Industri Halal di Sumatera Barat yang berlangsung pada tanggal 6-7 Maret 2024 di SMK Negeri 2 Bukittinggi.

Acara Rakor ini dibuka oleh Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Sumbar dan dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Bank Indonesia, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Satgas Halal Provinsi Sumatera Barat, Halal Centre UNP, serta OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar (Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata, dan Dinas Peternakan).

Pada hari kedua Rakor (7 Maret 2024), Dr. Ikrar Abdi, S.Ag, M.Ag (Sekretaris Halal Provinsi Sumatera Barat) menjadi narasumber dengan moderator Bapak Ahmad Wira, Ph.D (Direktur Eksekutif KDEKS Sumbar).

Halal Center UNP yang diwakili oleh Miftahul Khair Ph.D, dan Edi Saputra, M.Pd (Kepala LP3H UNP), mengaku mendapat apresiasi atas kepercayaan ini. Kepercayaan ini telah dibuktikan selama ini dengan memenuhi permintaan dari Satgas Halal untuk melatih calon P3H dari berbagai LP3H di Sumbar. LP3H UNP didukung oleh para trainer Proses Produk Halal yang merupakan dosen-dosen UNP yang telah teregistrasi di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI. Satgas Halal sendiri adalah perwakilan BPJPH di daerah.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Satgas Halal Sumbar kepada UNP untuk menjadi pelatih para calon pendamping halal di Sumbar,” kata Edi Saputra, M.Pd. “Hal ini merupakan bukti bahwa UNP telah diakui sebagai salah satu lembaga yang kompeten dalam bidang halal.”

“Kami siap untuk membantu Satgas Halal Sumbar dan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan industri halal di Sumbar,” kata Miftahul Khair. “Kami memiliki tim yang profesional dan berpengalaman di bidang halal.”

Rekomendasi Satgas Halal Sumbar terhadap UNP sebagai pelatih para calon pendamping halal merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para pendamping halal di Sumbar. Hal ini diharapkan dapat mendorong pengembangan industri halal di Sumbar dan menjadikan Sumbar sebagai pusat industri halal di Indonesia.

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah