Berita

WAKA BNSP Adakan Audiensi dengan para pimpinan Fakultas Se-UNP dan Assesor LSP UNP

Senin, 8 November 2021 Humas UNP - Siti Sarah 1072

Padang-- Lembaga sertifikasi Profesi Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan acara sosialisasi peran sertifikasi kompetensi dalam menghasilkan lulusan yang professional. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt Serta dihadiri oleh Dekan selingkungan UNP. Kegiatan sosialisasi ini merupakan suatu bentuk komitmen dari UNP dalam meningkatkan kemampuan lulusan dari setiap prodi yang ada di Universitas Negeri Padang, Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang sidang Senat UNP gedung Rektorat Lantai 4.

Dr. Mulya Gusman  ST.MT  Ketua LSP UNP  menyatakan bahwa Dunia industri sebagai penyerap tenaga kerja akan sangat terbantu ketika ada pelamar kerja yang sudah mempunyai sertifikasi kompetensi  sehingga industri tidak perlu lagi melalukan training terhadap karyawannya karena sudah kompeten di bidangnya. Sertifikasi kompetensi merupakan bentuk pengakuan terhadap kemampuan, keterampilan, hingga sikap kerja seseorang dalam satu bidang keahlian tertentu.

Dalam hal ini, Wakil Ketua BNSP, Miftakul Aziz mengatakan Kompetensi Kerja adalah kemampuan setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

“Tiga Pillar Pengembangan Tenaga Kerja berbasis Kompetensi , Pilar pertama, standar kompetensi sebagai rujukan atas kebutuhan pasar kerja yang dibuat oleh pihak pengguna/industri. Pilar kedua, program diklat berbasis standar kompetensi untuk menghasilkan peserta didik/latih yang menguasai kompetensi yang dibuat oleh lembaga diklat. 

Pilar ketiga, sertifikasi kompetensi mengacu pada standar kompetensi untuk memastikan kompetensi peserta didik/latih yang dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP),” Pungkasnya. Setelah adanya kegiatan Sosialisasi ini, LSP UNP terus berbenah untuk terus mengembangkan Skema yang ada di Jurusan dan Fakultas di UNP. (LSP UNP/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah