Berita

PPK Ormawa Geografi UNP Peresmian Kebun Budidaya Lebah Madu

Sabtu, 8 Oktober 2022 Humas UNP - Siti Sarah 1098

Padang-- Mahasiswa Geografi  Universitas Negeri Padang yang lulus PPK Ormawa Tingkat Nasional dari 4 program yang dilakukan salah satu nya yaitu budidaya daya lebah madu. Pada hari Senin 3 Oktober 2022 telah melakukan peresmian Kebun Budidaya Lebah Madu melalui Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Muara Sikabaluan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dusun Bose, Desa Muara Sikabaluan, Kepulauan Mentawai merupakan salah satu dusun yang memiliki potensi Lebah Madu yang memiliki potensial untuk dikembangkan, mengingat potensi hutan Mangrove dan kebun campuran di Dusun ini sangat melimpah. Kegiatan ini bekerjasama dengan Inspirator Lebah Madu Indonesia Region Sumatera Barat.

Konsep yang diterapkan dalam program pemberdayaan masyarakat desa ini yaitu pelestarian lingkungan hutan. Agroforestri adalah pengelolaan hutan dalam bentuk sistem pertanaman yang memadukan kegiatan kehutanan, pertanian, dan peternakan sehingga tercapai optimalisasi penggunaan lahan. Terdapat suatu kombinasi dalam agroforestri antara lebah dan pohon yang disebut dengan apikultur. Budidaya lebah madu dapat dijadikan sebagai salah satu upaya rehabilitasi kawasan hutan. Selain itu, budidaya lebah madu juga dapat menjadi mata pencaharian alternatif masyarakat. Kegiatan budidaya lebah madu dapat menarik peran aktif masyarakat dalam melestarikan lingkungan hutan.




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah