Berita

DARI CERAMAH RAMADHAN MALAM KE-26 DI MASJID AL-AZHAR KAMPUS UNP

Sabtu, 8 Mei 2021 Humas UNP - Siti Sarah 984

Padang-- Pada malam ke-26 dalam rangkaian kegiatan Ramadhan di Masjid Al- Azhar kampus Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Asasriwarni, MH, MA yang juga Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang, memberikan ceramah Ramadan  berjudul "Tatacara Bepolitik dalam Islam yang Membersihan Taqwa”.

Dalam tausiyahnya penceramah menyampaikan bahwa dalam politik islam, ada istilah siyasah syariah yang santun. Politik berdasarkan taqwa ditandai dengan sikap tidak bohong, karena bohong  merugikan diri sendiri dan umat. 

Menurutnya sifat nama yang pertama siddiq menjadi landasan dalam politik. Selain itu keadilan seorang pemimpin menjadi keharusan, juga pemimpin dituntut disiplin dan karena doa orang lemah akan dijabbah oleh Allah SWT Diperlukan juga sifat pemurahnya seperti para dermawan. 

Penegasan dari tausiyah adalah bahwa dalam politik menurut Islam diwarnai sifat siddiq, amanah, fatanah, tabliq yang mendengarkan aspirasi masyarakat. Artinya politik dalam Islam berdasarkan taqwa dengan berlandaskan sifat  nabi. Bukan politik yang saling menyikut, dengan model tata politik yang utama dengan sifat kejujuran (Er/Humas UNP).


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah