Berita

Dekan FIK UNP Terima Audiensi Kadispora dan Kadisdik Kota Solok

Rabu, 6 Desember 2023 Humas UNP - Siti Sarah 591

Padang - Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Dr. Nurul Ihsan, M.Pd menerima Audiensi dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Solok Nurzal Gustim, S.STP, M.SI bersama Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Solok Irsyad, M.Pd didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga di ruang kerja Dekan FIK UNP, Rabu (6/12/2023)

Menurut Nurzal adapun tujuan audiensi ini untuk menindaklanjuti Nota Kesepakatan Wali Kota Solok dengan Rektor UNP yang masih tersisa 2 tahun lagi untuk lebih dipertajam dalam bentuk perjanjian kerjasama perangkat daerah dengan PT. UNP melalui Dekan FIK-UNP Unggul dan Berkualitas.

"Pemerintah Kota terutama Dispora dan Disdik kota Solok sangat butuh pendampingan dan support dari UNP melalui FIK-UNP Unggul dan Berkualitas yang merupakan gudangnya pakar keolahragaan di Sumatera, apalagi telah ada MoU. Oleh karena itu dimasa periode pak Dekan sekarang Prof. Dr. Nurul Ihsan, M.Pd besar harapan Dispora dan Disdik untuk lebih konkrit kedepannya," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa sebagaimana amanat Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bahwa daerah juga memiliki Desain Olahraga Daerah (DOD) dengan mempedomani DBON. 

Selain itu, kadispora juga menyampaikan bahwa di tahun 2024 nanti juga akan melakukan pemetaan sekaligus menyiapkan rencana kerja terhadap penyelenggaraan sentra olah raga yang 1 dekade ini diselenggarakan namun belum memiliki perencanaan yang komprehensif sehingga goal yang dituju juga tidak maksimal yang dirasakan. Di tambah lagi pada tahun 2025 Kota Solok akan menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV).

Sejalan dengan rencana Kadispora, Kepala Dinas Pendidikan Irsyad juga menyampaikan rencana pelaksanan program kelas keberbakatan ditingkat SMP dan memfokuskan bidang olahraga sepak bola. 

"Saat ini sudah mulai tampak keberadaan Stadion Sepak Bola Kota Solok yakni Stadion H. Marah Adin, walaupun masih belum selesai. Namun pembangunan fisik stadion tentunya juga dibarengi dengan penyiapan program yang tepat sehingga keberadaan stadion itu nanti sesuai dengan tujuan akhir yang dicapai, yakni salah satunya nanti akan bermunculan bibit-bibit atlet yang lahir dari Kota Solok," ungkap Kadisdik.

Sementara itu Prof. Nurul Ihsan menyambut baik atas rencana Pemerintah Kota Solok, beliau juga berharap apa yang direncanakan tersebut dapat terealisasi secepatnya dengan harapan nantinya calon-calon mahasiswa FIK-UNP Unggul dan Berkualitas dapat belajar di Kota Solok nantinya, baik itu calon mahasiswa dari Sumbar sendiri seperti Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Tanah Datar, Padang Panjang, Payakumbuh, 50 Kota dan Solok Selatan serta beberapa daerah dan provinsi lainnya. 

"Saya sangat menyambut baik rencana pak kadis, 'ikan sepat ikan gabus, semakin cepat makin bagus'. Semoga segera kita realisasikan yang di Aamiinkan juga oleh Prof. Dr. Arsil, M.Pd dan Dr. Despita Antoni, M.Pd. Kami sangat senang dan siap untuk membersamai rencana Pemerintah Kota Solok. Apalagi Pak Rektor dan Pak Wako telah ada nota kesepakatan, tinggal kita yang menindaklanjuti untuk konkritnya," tambahnya.




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah