Berita

Di Jumpa Pers UTBK-SNBT, Prof. Ganefri: 21 Ribu Lebih Calon Mahasiswa Bakal Ujian di UNP

Jumat, 5 April 2024 Humas UNP - Siti Sarah 1413

Padang -  Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Jumpa Pers terkait pelaksanaan Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) di UNP pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), Jumat (5/3/2024).

Acara yang dihadiri lebih dari 24 insan media yang terdiri dari media cetak, elektronik dan online ini dihadiri langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dan unsur pimpinan UNP.

Dalam jumpa pers itu, Ketua Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Bahkan Jumlah pendaftar yang akan ujian di pusat UTBK UNP mencapai 21.543 orang, yang dibagi menjadi 16 sesi.

“Proses pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Test atau SNBT hari ini prosesnya kita tutup. Pendaftaran sendiri sudah dibuka dari 21 Maret lalu hingga 5 April,” ujar Rektor UNP, Prof. Ganefri saat jumpa pers di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat UNP.

Lebih lanjut ia mengingatkan UNP sendiri memiliki kuota UTBK 4.747 mahasiswa atau sekitar 40 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa. Sementara untuk sisanya, terdapat total 3.544 untuk kuota jalur mandiri.

Diketahui, selain penerimaan jalur SNBT, UNP sebelumnya telah menerima mahasiswa baru dari jalur prestasi. Untuk jalur prestasi peminanat UNP diklaim meningkat dibanding tahun lalu atau 2023.

“Tahun ini jumlah calon mahasiswa yang memilih UNP 27.787 atau lebih banyak hampir 9.000 orang dibanding tahun lalu yang hanya 21 ribuan. Dari jumlah pendaftar ini UNP menerima sebanyak 3.564 mahasiswa,” jelas Ganefri.

Secara keseluruhan UNP tahun 2024 ini menerima total sebanyak 12.008 mahasiswa yang dibagi ke dalam 3 jalur penerimaan. Pertama untuk jalur prestasi dengan kuota sebanyak 3.564 mahasiswa (30 persen) , jalur UTBK sebanyak 4.747 (40 persen), dan terakhir jalur mandiri dengan total penerimaan sebanyak 3.544 mahasiswa (30 persen).

Diketahui juga Ujian UTBK gelombang pertama 2 -27 Mei. Selanjutnya ujian gelombang kedua dijadwalkan pada 14-20 Mei 2024. Sementara untuk pengumuman kelulusan UTBK 2024 akan dilakukan pada 13 Juni mendatang.

Di UNP sendiri total ada 2 pusat lokasi UTBK. Pusat UTBK pertama berlokasi di Kampus UNP di Kawasan Air Tawar, lokasi UTBK UNP di Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt yang ikut hadir dalam acara itu juga mengingatkan bagi peserta UTBK yang berasal dari luar Kota Padang untuk datang ke Padang sehari lebih awal guna menghindari keterlambatan datang ke lokasi ujian.

"Karena kalau sudah terlambat sudah tidak bisa mengikuti ujian," pungkasnya.

Pada acara jumpa pers itu, juga dilaksanakan buka puasa bersama dengan rekan media. Turut tampak hadir dalam acara itu, Wakil Rektor (WR) II, WR III, WR IV dan Pimpinan di Lingkungan UNP. (Utr/Humas UNP)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah