Berita

Yenni Kurniawati Dosen FMIPA UNP Raih Gelar Doktor Statistik IPB

Minggu, 5 Maret 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1548

Bogor -Yenni Kurniawati menjalani prosesi sidang terbuka promosi doktor dengan konsentrasi Ilmu Statistika di Kampus IPB University Bogor, Ruang Sidang Silva FAHUTAN Lt. 1 Kampus IPB Dramaga, (24/2). Pada sidang promosi doktor ini, Yenni Kurniawati mengambil judul disertasi Pendugaan Area Kecil Berhirarki untuk Luas Panen Padi Berbasis Survei KSA-BPS dengan Memanfaatkan Citra Satelit Landsat 8. Turut hadir Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, Ph.D sebagai penguji luar dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNP, Dr. Yulkifli Amir, M.Si dalam sidang promosi doktor ini. Adapun yang menjadi komisi promosi dalam sidang promosi doktor yakni Prof. Dr. Ir. Hari Wijayanto M.Si. (Ketua/ IPB University), Dr. Anang Kurnia S.Si., M.Si. (Anggota/ IPB University), Dr.Ir. Dede Dirgahayu Domiri M.Si (Anggota/ Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa, BRIN), Dr. Ir. Budi Susetyo M.S. (Anggota/ IPB University), Dr. Ir. Baba Barus M.Sc. (Penguji Luar/ Ketua Departemen ITSL FAPERTA IPB),  Dr. Berry Juliandi, S.Si., M.Si (Dekan FMIPA IPB / Pemimpin Sidang), dan Prof. Dr. Khairil Anwar Notodiputro, M.S.(Ketua Program Studi STK).

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D mengapresiasi Yenni Kurniawati yang telah berhasil menjalani sidang promosi dokter di IPB University. “Dengan semangat yang luar biasa dan bisa sampai dititik ini tentunya tidak semudah itu. UNP selalu mendukung penuh dosen-dosen yang ingin melanjutkan ke jenjang doktor,” ujar Rektor UNP

Yenni Kurniawati menyampaikan tujuan disertasi ini membahas tentang pengembangan model dan metode statistika dalam bidang pertanian khususnya tentang klasifikasi lahan tanaman padi dan pendugaan luas panen padi sampai ke level area kecil (mikro) seperti kecamatan. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini berbasis data survei KSA (Kerangka Survei Area) yang digunakan oleh BPS sejak tahun 2018 dalam menghitung Luas Panen Padi Nasional. Penelitian ini ditujukan untuk mempermudah klasifikasi lahan dari survei KSA dengan menggunakan model-model yang diajukan, agar anggaran survei untuk perhitungan luas panen menjadi lebih hemat, karena kunjungan lapangan dapat dikurangi dan digantikan dengan model.

Disertasi ini membahas tiga kajian melalui pendalaman 3 topik statistika, yaitu tentang model klasifikasi multinomial, model klasifikasi ensemble, dan pengembangan metode pendugaan pada Small Area Estimation. Salah kebaruan penelitian yang menjadi topik utama adalah pendugaan luas panen padi di tingkat kecamatan yang sampai saat ini belum terpenuhi karena ukuran sampel untuk kecamatan tidak representatif, sehingga metode pendugaan langsung dari hasil survei tidak dapat dilakukan. Namun melalui penelitian ini, pendugaan luas panen pada wilayah yang memiliki ukuran sampel kecil (minor) dan bahkan tidak memiliki sampel, dapat diduga dengan baik melalui model yang dikembangkan, yaitu metode SAE level unit berbasis model binomial normal berhirarki (SAE-MBNB). Hasil dugaan luas panen padi di tingkat kecamatan tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak pihak seperti pemerintah daerah, karena banyak program-program pemerintah yang mengacu kepada informasi luas panen padi ditingkat kecamatan. (YK/Humas UNP)





 


 


 


 


 

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah