Berita

Seminar On SULAM Service Learning Implementation In Physiology Related Courses In UPSI And UNP

Sabtu, 2 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 680

Padang-, 30 Agustus 2023, Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang berkolaborasi dengan Department of Biology FSM Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia mengadakan seminar secara online. Seminar ini merupakan output Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terkait hasil implementasi Project SULAM (Service Learning Malaysia - University for Society) pada mata kuliah Fisiologi Hewan di Prodi Biologi yang diampu oleh Afifatul Achyar, M.Si dan Siska Alicia Farma, S.Pd., M.Biomed., serta mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia di Prodi Pendidikan Biologi yang diampu oleh Yosi Laila Rahmi, M.Pd. dan Relsas Yogica, M.Pd. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dean of Faculty of Science and Mathematics UPSI Prof. Madya Dr. Mohd. Faizal Nizam Lee bin Abdullah dan juga dihadiri oleh WD I FMIPA UNP Ibu Dr. Yuni Ahda, M. Si., Kepala Departemen Biologi FMIPA UNP Ibu Dr. Dwi Hilda Putri, M. Biomed., Kaprodi Pendidikan Biologi Ibu Dr. Heffi Alberida, M.Pd., serta Bapak dan Ibu dosen dari Departemen Biologi FMIPA UNP dan Department of Biology FSM UPSI.

Pembicara atau invited speaker pada seminar ini yaitu Assoc. Prof. Dr. Syakirah binti Samsudin (UPSI) dan Yosi Laila Rahmi, M. Pd. (UNP). Kegiatan seminar ini dihadiri oleh 129 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen baik dari kedua universitas maupun dari universitas lain seperti UIN Raden Fatah, Palembang. Kegiatan MBKM antara kedua institusi ini diawali dengan diskusi terkait learning outcomes masing-masing mata kuliah, sosialisasi Project SULAM ke mahasiswa, penentuan topik bersama, kunjungan ke komunitas yang akan memperoleh manfaat dari project, perancangan project, implementasi projek sampai seminar hasil implementasi. Kegiatan ini telah berlangsung selama 8 (delapan) bulan dari Januari sampai Agustus 2023.

Selain itu pada seminar ini juga dipresentasikan hasil implementasi Project SULAM oleh masing-masing kelompok mahasiswa dari kedua universitas. Setiap kelompok mendapatkan feedback dari dua orang panelis yakni Dr. Fitri Arsih, M.Pd. (UNP) dan Dr. Nurusaidah binti Abdul Rahim (UPSI). Kedua panelis sangat mengapresiasi proses dan hasil kerja para mahasiswa dalam melaksanakan project SULAM ini dan berharap kolaborasi ini dapat terus dilanjutkan. 

Selain melaporkan hasil kegiatan project SULAM, para mahasiswa dari kedua negara ini juga didapuk sebagai panitia pelaksana seminar. Kolaborasi mahasiswa dalam menyelenggarakan seminar seperti Apriansa (UNP) dan Nasuha Syakirah Binti Ahmad (UPSI) sebagai master of ceremony, serta Nurul Izza Az Zahra (UNP) dan Nurul Zharif Amani Binti Azuki (UPSI) sebagai moderator sesi seminar mahasiswa memperat hubungan kerjasama antar kedua institusi ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama dalam melatih kemampuan komunikasi, kerja sama, berpikir kritis dan manajemen waktu. Kesuksesan event ini tak lepas dari kerja sama seluruh panitia, serta dukungan penuh dari pimpinan fakultas dan departemen dari kedua universitas.












Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah