Berita

Dosen Pendidikan Ekonomi FEB UNP Melaksanakan PKM Pelatihan Green Entrepreneurship Tanaman Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik untuk Menambah Pendapatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Berlian

Kamis, 31 Agustus 2023 Humas UNP - Siti Sarah 585

Tri Dharma perguruan tinggi adalah tiga pilar dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi dosen di perguruan tinggi. Adapun Tri Dharma Perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartikan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat konkrit dan langsung dirasakan manfaatnya.

Kegiatan PKM Pelatihan Green Entrepreneurship Tanaman Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik untuk Menambah Pendapatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Berlian dilakukan oleh tim pengabdian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diketuai oleh Sri Arita, S.Pd, M.Pd.E dengan anggota Nita Sofia, S.Pd, M.Pd.E dan Silvi Delfiani, S.E, MM. PKM ini dilakukan kepada Kelompok Wanita Tani KWT Berlian. Kelompok Wanita Tani KWT Berlian merupakan salah satu kelompok yang berada di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan pada tanggal 10-12 Agustus 2023. Kegiatan pengabdian ini dibuka langsung oleh Lurah Kelurahan Kubu Gadang Meitral Saputra, SH.

Hari pertama dimulai dengan pemberian materi yang disampaikan oleh pemateri Mentari Ritonga, S.Pd, M.Pd.E kepada anggota kelompok wanita tani mengenai green entrepreneurship, dimana ketika akan memulai suatu bisnis produk yang dihasilkan dirancang dengan konsep ramah lingkungan dan berdiskusi yang dilakukan peserta dan narasumber. Pada hari kedua dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang konsep dasar tentang teknologi hidroponik dengan pemateri Adi Marta selaku praktisi green entrepreneurship hidroponik. Narasumber memberikan gambaran mengenai system tanaman hidroponik dan bagaimana cara merancang atau merakit hidroponik serta manfaat dan daya tariknya bertanam dengan menggunakan hidroponik. Pada hari ketiga masih dengan narasumber Adi Marta memberikan pelatihan dan pendampingan perancangan dan pembuatan instalasi hidroponik. Narasumber memperkenalkan kepada peserta perlengkapan yang akan digunakan dalam merakit instalasi hidroponik dan memberikan gambaran bagaimana cara menanam dengan menggunakan hidroponik. Instalasi hidroponik yang telah siap nantinya akan diberikan kepada kelompok wanita tani sebagai model. 

Dengan dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berwirausaha dengan green entrepreneurship, sehingga ada peningkatan pengetahuan mitra tentang intensifikasi pemanfaatan pekarangan rumah yang lebih asri dan indah dipandang mata dengan teknik hidroponik. Kemudian manfaat dari kegiatan PKM ini diharapkan KWT Berlian dapat merancang dan membuat instalasi hidroponik untuk bercocok tanam yang baik dan efektif dengan system hidroponik dan menghasilkan sayuran yang layak untuk dikonsumsi. Dan nantinya ketika menjalankan bisnis pastinya akan mendapatkan penghasilan atau pendapatan.    


Share:

Akademik

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah