Berita

Inovasi Belajar: Buku Pop-Up AR dari UNP Menyajikan Pengalaman Pendidikan yang Menyenangkan dan Kultural

Rabu, 31 Juli 2024 Humas UNP - Siti Sarah 2512

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Humaniora (PKM-RSH) 2024 dari Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan inovasi terbaru mereka, yaitu Pop-up Book “Belajar Membaca Bersama Dito Augmented Reality Bernuansa Budaya Lokal” yang dirancang khusus untuk siswa kelas 1 SD. Buku pop-up ini menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan unsur budaya lokal untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan.

Ketua Tim PKM dari PGSD angkatan 2021, Amanda Berlia Bersky, mengatakan, ada beberapa keunggulan aplikasi ini diantaranya, memberikan pengalaman belajar interaktif. Aplikasi ini memadukan teknologi AR dengan buku pop-up, memungkinkan karakter Dito dan elemen budaya lokal ‘hidup’ di atas halaman buku. Hal ini meningkatkan keterlibatan dan daya tarik belajar siswa. Selain itu, penekanan budaya lokal. Konten belajar membaca dalam aplikasi ini mengandung unsur budaya lokal, membantu siswa merasa lebih terhubung dengan lingkungan sekitar dan meningkatkan rasa bangga terhadap warisan budaya mereka, sambil mengajarkan keterampilan membaca yang penting.

“Aplikasi ini juga memberikan stimulasi visual dan sensorik melalui teknologi AR. Aplikasi ini tidak hanya menampilkan gambar menarik secara visual tetapi juga memberikan pengalaman sensorik yang kaya, membantu meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajari,” katanya didampingi anggota Kurnia Shandi dari PTI 2021, Melani Adila Putri dari PTI 2021, dan Nurul Azmi dari PGSD 2021. 

Selanjutnya tambah Kurnia, aplikasi ini juga memungkinkan penyesuaian tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Fitur interaktif memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, seperti mengeja kata atau menjelajahi elemen budaya tertentu melalui AR. “Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat digital seperti smartphone atau tablet, memudahkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja, baik di sekolah maupun di rumah,” ujarnya.

Dikatakan Melani, pengerjaan aplikasi ini di bawah bimbingan Tiok Wijanarko, M.Pd., Dosen Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang (FIP UNP), telah mengimplementasikan inovasi ini di salah satu SD di Kota Padang. “Dan anak-anak di SD Negeri 1 Bandar Buar menunjukkan antusiasme yang luar biasa dalam menggunakan media pembelajaran ini. Hasil post-test siswa membuktikan bahwa mereka dapat mengenal huruf lebih cepat,” katanya.

Sementara itu, Kepala SDN 01 Badar Buat, Novrianita Deni., S.Pd sangat mengapresiasi ide ini dan merasa bahwa media belajar seperti ini sangat disukai dan diminati oleh anak-anak, membuat mereka lebih tertarik untuk belajar membaca dibandingkan metode pembelajaran konvensional.

“Saya berharap buku pop-up ini dapat diperbanyak dan diedarkan ke sekolah-sekolah lainnya. Beliau siap mempromosikan buku ini kepada sekolah-sekolah lain dan menyarankan untuk menjalin kerja sama dengan berbagai percetakan yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah,” tuturnya.

Dikatakan Tiok Wijanarko, dengan kombinasi antara buku pop-up tradisional dan teknologi Augmented Reality, aplikasi ini memberikan pengalaman belajar yang inovatif dan memikat bagi siswa kelas 1 SD, memperkaya proses pembelajaran mereka dengan elemen-elemen budaya lokal yang dapat menginspirasi dan mengedukasi secara efektif. (*)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah