Berita

Meniti Petualangan Mahasiswa Merdeka di UNAIR: Meninggalkan Zona Nyaman, Memahami Budaya, dan Menginspirasi

Kamis, 30 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 177

Saya Nurul Falah, panggil saja saya Nurul. Melangkah dari Program Studi Manajemen dengan konsentrasi Sumber Daya Manusia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang, saya kini meniti perjalanan mahasiswa semester lima. Sebagai seorang pemimpi, salah satu impian saya adalah melepaskan diri dari zona nyaman. Perjalanan perkuliahan awal, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19, membawa tantangan tersendiri. Semester awal yang dijalani secara daring, hanya beberapa mata kuliah yang bisa dilaksanakan offline, membuat pengalaman itu kurang memuaskan. Bagi saya, perkuliahan bukan hanya tentang memahami materi, tetapi juga tentang memperluas jaringan dan bertukar pikiran dengan orang-orang hebat, serta melatih diri untuk beradaptasi di dunia kerja.

Impian saya untuk keluar dari zona nyaman akhirnya menjadi kenyataan melalui program Pertukaran MahasiswaMerdeka (PMM). Saat ini, saya aktif mengikuti kegiatan PMM 3, di mana mahasiswa asing berkesempatan belajar di universitas-universitas terkemuka di Indonesia. UniversitasAirlangga (UNAIR)di Surabaya menjadi tuan rumah yang memukau dalam program ini.

Sebagai mahasiswa inbound di UNAIR, saya ingin berbagi pengalaman luar biasa saya. Penerimaan hangat dan ramah dari staf dan mahasiswa regular di UNAIR sungguh memukau. Mereka membantu saya mengatasi proses orientasi dan penyesuaian dengan lingkungan universitas. Fasilitas moderndan lengkap, seperti ruang kuliah yang nyaman, perpustakaandengan koleksi buku yang melimpah, serta laboratorium dan fasilitas penelitian yang memadai, semuanya mendukung pengembangan diri dan pembelajaran.

Pengalaman saya sebagai mahasiswa inbound PMM di UNAIR bukan hanya sebatas pendidikan berkualitas, melainkanjuga tentang memperoleh teman baru, memahami budaya baru, dan meningkatkan kemandirian serta pemahaman tentang dunia. Bersama mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, saya semakin mengagumi keberagaman dan keunikan budaya Indonesia.

Salah satu komponen menarik dari PMM di UNAIR adalah Kegiatan Modul Nusantara. Modul ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar mendalam tentang kekayaan budaya dan keanekaragaman Indonesia. Melalui empat tema, yaitu Khebinekaan, Inspirasi, Refleksi, dan Kontribusi Sosial, kami menjelajahi tempat bersejarah, museum, melakukan wawancara dengan masyarakat, menonton teatrikal perobekan bendera biru di jalan Tunjungan, serta menghadiri talkshow dengan tokoh-tokoh inspiratif.

Bergabung dalam kegiatan modul nusantara memberikan saya pengalaman berharga, dari saling memahami danmenghargai keberagaman hingga terlibat dalam kegiatan baktisosial untuk meningkatkan empati dan pengabdian masyarakat.Keseluruhan pengalaman ini dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Airlangga adalah petualangan yang tak terlupakan, menghadirkan kesempatan belajar, mengenal, dan menghargai kekayaan budaya Indonesia dengan cara yang mendalam dan bermakna.

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah