Berita

Belmawa Diktiristek Gandeng BPMI UNP Dampingi Perguruan Tinggi Mitra dalam Akreditasi Internasional

Sabtu, 30 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1319

Padang – Direktorat Belmawa Ditjen Diktiristek – Kemdikbudristek RI Kerja sama dengan Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan bimtek bagi program studi mitra untuk akreditasi internasional. Kegiatan bimtek yang dihari oleh tiga belas perguruan tinggi mitra, diselenggarakan dari tanggal 26 September  - 2 Oktober 2023. kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi I diikuti oleh enam perguruan tinggi terdiri dari Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Potensi Utama (UPU), Universitas Riau (UNRI), IKIP Siliwangi, Universitas Esa Unggul (UEU) dan Universitas Bina Bangsa Getsempena dengan enam belas program studi. Sesi II diikuti oleh lima perguruan tinggi yang terdiri dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Andalas (Unand), Universitas Bung Hatta (UBH), Universitas Samudra, Universitas Sriwijaya (Unsri), dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan lima belas program studi.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. Ketika membuka kegiatan ini, mengatakan “ bahwa kepercayaan belmawa kepada UNP untuk dapat mendampingi persiapan akreditasi tidak lepas dari prestasi dan upaya UNP untuk mendapatkan 26 program studi yang sudah akreditasi internasional, yaitu AUN-QA 8 prodi, ASIIN 12 prodi, AQAS 6 prodi. Saat ini juga sedang berlangsung 12 program studi menuju FIBAA dan tahun 2024 semua program studi kependidikan akan diajukan ke Lembaga akreditasi CAEP” . Lebih lanjut Rektor UNP menekankan “Dalam pengajuan akreditasi internasional sangat penting komitmen dari pimpinan baik universitas, fakultas, dan program studi. Bagi UNP, akreditasi internasional merupakan keharusan sehingga UNP tetap berkomitmen penuh untuk terus menambah jumlah program studi yang terakreditasi internasional”

Selanjutnya Kepala BPMI, Dr. rer. nat, Deski Beri, M.Si. Menyatakan “ BPMI selalu siap mendampingi program studi internal di UNP dan perguruan tinggi mitra untuk mencapai akreditasi internasional, khususnya dalam penjaminan mutu dan menyempurnaan kurikulum OBE, serta kegiatan pendampingan akreditasi nasional dan internasional, khususnya bagi PTN/PTS di wilayah barat Indonesia” .

Pendampingan program studi ini difokuskan pada kurikulum OBE untuk persiapan akreditasi internasional. Kegiatan bimbingan teknis ini dipandu oleh narasumber internal Universitas Negeri Padang; Dr. rer. Nat Jon Efendi, M.Si, Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd., Prof. Dr. Abna Hidayati, M.Pd., Dr, Kasmita, M.Si., Dr. Arwizet K, ST, MT., Dr. Khairuddin, M.Kes, AIFO., Prof. Dr. Darmansyah, M.Pd., Dr. Arie Yulfa, ST, M.Sc., Dr. Ofianto, M.Pd., Dr. Nofrion, M.Pd. Rangkaian kegiatan ini juga diikuti dengan dua webinar dengan pemateri eksternal; Dr. Bernardinus Maria Purwanto, M.B.A (UGM) dan pemateri internal: Prof, Ganefri Ph.D (Rektor UNP), Dr. Kasmita, M.Si., Dr. rer. nat, Deski Beri, M.Si, Prof. Dr. Ir. Remon Lapisa, M.T., M.Sc., dan Dr. Erianjoni, M.Si. (BPMI/ Humas UNP).

 


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah