Berita

WR IV dan Dir. Internasionalisasi UNP Perkuat Kerja sama melalui Kedubes Perancis

Jumat, 30 Agustus 2024 Humas UNP - Siti Sarah 563

Padang--- Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Universitas Negeri Padang (UNP) Dr. rer.nat Deski Beri, M.Si dan Direktur Internasionalisasi  Prof. Rusnardi Rahmat, M.Eng, Ph. D melakukan diskusi kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Perancis melalui Atase pendidikan Perancis untuk Indonesia di Institut Indonesia Perancis (IFI). Dalam kunjungannya delegasi UNP diwakili oleh Wakil Rektor IV, dan Direktur Internasionalisasi. Sedangkan dari pihak kedutaan Perancis diwakili oleh Atase Pendidikan Perancis  Antoine Bricout dan Wakil Atase Pendidikan Perancis untuk Indonesia Gema Akbar.

WR IV UNP megatakan “ Dalam pembicaraan kedua pihak setuju menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, diantaranya: Peluang studi lanjut untuk dosen UNP, Peluang kerjasama riset antara perguruan tinggi Perancis dengan UNP, Kemungkinan pembukaan "warung Perancis" (France Corner) di UNP Internasional mobility (Student dan Staff) dan Peluang beasiswa untuk Perancis untuk mahasiswa UNP”

Dalam pembicaraan selama 2 jam tersebut, pihak atase Perancis sangat mengapresiasi inisiasi dari UNP untuk proaktif menjalin kerja sama dengan atase pendidikan. Dalam uraiannya  Atase Perancis  Antoine Bricout mengharapkan “ UNP bisa membuat kerjas ama dengan universitas di Perancis, karena banyak peluang dan kelebihan Perancis dalam dunia pendidikan dibandingkan dengan tempat lain. Menurutnya kerjasama dengan UNP akan menjadi tonggak sejarah baru tentang potensi Perancis sebagai tujuan studi lanjut bagi lulusan S1 dan S2 di luar pulau Jawa.

Ditambahkan  "Selama ini kami kurang mendapatkan informasi tentang universitas di luar Jawa, padahal dari uraian anda berdua (WR IV dan Dir. internasonalisasi), ada universitas seperti UNP yang memiliki nama besar dan sebanding dengan UI yang mungkin kita bekerjasama, ini yang menjadi tujuan utama atase pendidikan ini ditempatkan di Indonesia"', katanya. 

Sementara itu, WR IV UNP mengatakan “beberapa tahun ke depan UNP bergerak cepat menuju Universitas Berkelas Dunia dengan jalinan kolaborasi terbentang dari Pasifik ke Atlantik, sehingga Perancis merupakan salah satu target kolaborasi UNP  untuk menjadi 'hub' UNP di kawasan Eropa Barat. 

Diskusi kemudian berlanjut dengan peluang kerjasama riset yang mungkin menjadi focal point UNP, selain riset pendidikan Prof. Rusnardi Rahmat menjelaskan tentang kekuatan riset  UNP dalam bidang kegempaan dan mitigasi bencana. Topik ini sangat menarik perhatian pihak Perancis karena di Perancis ada bidang kajian Geofisika yang mungkin melakukan kerjasama riset dengan UNP. 

Selanjutnya  untuk ke depan akan banyak kolaborasi yang mungkin dilakukan oleh UNP dengan universitas di Perancis dan akan menjadi peluang besar untuk UNP dan Universitas di Perancis. (Db/ Er/ Humas UNP)





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah