Berita

Tim HMJ Kesrek FIK UNP Implementasikan PPK ORMAWA di Kepulauan Mentawai

Sabtu, 30 Juli 2022 Humas UNP - Siti Sarah 280

Padang----Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiai oleh organisasi kemahasiswaan yang dalam pelaksanaannya diharapkan terus mengalami peningkatan, baik jumlah proposal, maupun jumlah organisasi kemahasiswaan dan perguruan tinggi pengusul. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi untuk meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Dengan terselenggaranya kegiatan nyata di masyarakat, kapasitas dan kemampuan organisasi kemahasiswaan diharapkan akan lebih bermakna sebagai wadah mahasiswa mengembangkan soft skills sesuai yang diharapkan oleh Pemerintah untuk menjadi SDM Unggul.

Program yang ditawarkan yaitu Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). Menurut surat pengumuman Dirjen Diktiristek kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 2741/E2/KM.09.00/2022, mengenai penerimaan bantuan PPK Ormawa 2022. Terdapat Sebanyak 328 (Tiga Ratus Dua Puluh Delapan) subproposal lolos penerimaan bantuan PPK Ormawa 2022 perguruan tinggi se-Indonesia.

UNP telah mengirimkan 10 proposal, namu dalam hal ini, hanya 4 proposal dari Universitas Negeri Padang yang mendapatkan pendanaan dari Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Salah satunya subproposal dari HMJ KM Kesrek FIK UNP yang lolos dalam bidang Rumah Inovasi dengan judul “Rumah Inovasi Sport Tourism di Kepulauan Mentawai”.

Dosen Pendamping PPK Ormawa HMJ KM Kesrek yakni Dr. Anton Komaini, S.Si, M,Pd mengatakan bahwa Kegiatan PPK ini dimulai dari penyusunan proposal oleh tim HMJ kesrek, alhamdulillah dengan keseriusan dan kemauan yang tinggi, kita bisa mendapatkan pendanaan Hibah PPK untuk Ormawa ini, kegiatan ini diharpakan  bermanfaat baik bagi masyarakat serta anggota yang tergabung dalam tim ini.

Tim PPK Ormawa dari HMJ KM Kesrek FIK UNP bertemakan “Rumah Inovasi Sport Tourism” kegiatan ini akan dilaksankan dalam waktu 6 bulan ke depan dimulai dari bulan Juli hingga bulan Desember. Mulai dari pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Sebanyak 7 orang tim telah berangkat ke lokasi pada Jum’at 29 Juli 2022 dengan menggunakan kapal ambu-ambu guna melakukan observasi serta kegiatan seperti sosialisasi, penyesuaian lokasi rumah inovasi, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat sekitar lainnya. Selanjutnya akan disusul tim lainnya Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Dr. Umar. MS.AIFO yang mewakili Wakil Rektor III UNP dan Dekan FIK dalam pelepasan secara resmi menyampaikan, “Alhamdulillah salah satu proposal dari tim HMJ KM Kesrek dapat dana hibah dari Dirjen Diktiristek, harapannya hal ini menjadi peningkatan kapasitas dari HMJ KM Kesrek, serta dapat diikuti oleh UK Lainnya di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang” ungkapnya, dalam acara pelepasan anggota yang akan berangkat ke lokasi di ruang siding senat FIK UNP. Jaga kesehatan dan dapat menyesuaikan pola perilaku di tempat baru tambahnya.

Pelepasan ini dihadiri juga oleh Wakil Dekan III FIK UNP dan ketua Sekretaris Departemen Kesehatan dan Rekreasi, beserta Ketua Ormawa Selingkungan FIK UNP (Ant/ Humas UNP).




Share:

Akademik Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah