Berita

Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang Pagi Ini: Perkuat Komitmen untuk Memperbaiki Diri

Jumat, 29 Desember 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1015

PADANG - Para guru dan para dosen yang mengemban tugas sebagai pendidik maka teruslah dan selalulah berbuat baik kepada siapa saja karena ketika kita selalu berbuat baik itulah sesungguhnya milik kita. Untuk itu, janganlah pernah berhenti untuk berbuat baik termasuk berbuat baik untuk mahasiswa kita.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (29/12) bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang.

Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A. yang merupakan dosen UIN Imam Bonjol Padang yang telah bersedia sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang.

"Para dosen selalulah berbuat baik kepada mahasiswa. Perbaikilah cara berpikir yang benar untuk selalu berbuat baik kepada semua mahasiswa. Pemudahlah semua urusan mahasiswa sehingga mahasiswa bisa lulus sebagaimana yang dicita-citakannya," tukuk Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A. dalam ceramahnya dengan topik "Perkuat Komitmen untuk Memperbaiki Diri" menyampaikan bahwa Ali bin Abi Talib memintalah hanya kepada Allah, dan apabila permintaannya dikabulkan oleh Allah maka ia gembira satu kali, jika Allah tidak mengabulkan permintaannnya maka Ali bin Abi Talib akan gembira sepuluh kali karena hal itu sungguh-sungguh pilihan Allah.

"Namun bagi manusia pilihan yang baik oleh Allah terkadang dianggap tidak baik oleh manusia," jelas Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A.

Pada kesempatan itu Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A. menyampaikan akidah yang benar adalah sangat tergantung dari cara berpikir manusia tersebut.

Lebih lanjut Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A. mengemukakan bahwa Nabi Muhammad Saw. juga mengajarkan cara berpikir kepada Aisyah yakni ajaran yang bahwa ketika kita memberikan sesuatu kepada orang lain maka sesungguhnya hal itu adalah untuk kita.

"Cara berpikir yang benar maka akan menentukan cara bersikap yang benar, akan menentukan cara bertindak yang benar, akan menentukan cara berbuat yang benar," tambah Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A.

Lebih lanjut Ustaz Dr. Muhammad Ridho Nur, Lc., M.A. menyampaikan bahwa apapun permasalahan yang dihadapi manusia maka menyikapi permasalahan tersebut haruslah kembali mempedomani dan kembali kepada Alquran dan Hadis Rasulullah. (ET) Berita dikutip dari beritaminang.com

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah