Berita

Aksi Lingkungan Bersih Pantai Mahasiswa UNP Dan UPSI Malaysia

Jumat, 29 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 319

Padang-Kementrian Sosial Masyarakat BEM KM UNP 2023-2024 bersama Mahasiswa selingkup UNP dan Majelis Perwakilan Pelajar Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia gelar Aksi Lingkungan Bersih Pantai kawasan Pantai Belibis hingga Pantai Parkit.

Mentri Sosial Masyarakat BEM KM UNP 3.4, Putri Nadia Rizal mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermula dari adanya keresahan terkait kondisi sampah yang ada di daerah pantai Belibis hingga Parkit. “Pantai Belibis dan pantai parkit dipilih karena statusnya sebagai objek wisata, tetapi kondisinya sangat kotor,” ungkap perempuan yang kerap disapa Nadia itu.

Dalam kegiatan bersih pantai ini, turut melibatkan pihak lain selain dari volunteer mahasiswa UNP. Terdapat pihak dari Majelis Perwakilan Pelajar Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia sebagai kolaborator dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dalam menjaga lingkungan alam sekitar terutama kawasan Kampus Universitas Negeri Padang. Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang mahasiswa UNP, 5 orang mahasiswa UPSI serta 1 orang dosen UPSI yang diselenggarakan pada hari Senin ( 25/9/2023), atas rasa impati terhadap banyaknya sampah disekitaran pantai, tak hanya sampah alam saja bahkan sampah rumah tangga dan plastik terdapat sekitaran pantai serta meningkatkan kesadaran warga sekitar dalam mengatasi pencemaran lingkungan. 

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dan pembukaan dari Presiden Mahasiswa BEM KM UNP Gafri Ihsan Afif dan dilanjutkan oleh Sarah Najiha Binti Ismail sebagai perwakilan dari Mahasiswa UPSI Malaysia.

Setelah menyampaikan kata sambutan, volunteer yang tergabung dalam kegiatan ini melakukan eksekusi dari pukul 08.00-11.00 WIB yang dilaksanakan secara gotong royong dengan membagi 2 jenis sampah yaitu Sampah Organik dan Sampah Anorganik. Antusiasme dari mahasiswa tampak lebih mendalam ketika mengetahui kondisi sampah di Belibis-Parkit yang memprihatinkan. Adapun hasil eksekusi yang telah dilakukan terkumpul 25 trash bag dengan berat 200 kg. Mendapati hal tersebut, hal ini dapat menjadi langkah awal mahasiswa dan masyarakat sekitar dalam memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan kegiatan ini menjadi wujud butir Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Dengan melakukan aksi bersih pantai dapat menunjukkan bakti mahasiswa kepada masyarakat dan sekitarnya. “Sebagai agent of change, kami ingin turut serta menjawab permasalahan di masyarakat,” harap Mahasiswa Departemen kimia itu.

Melalui aksi lingkungan ini, Nadia berharap dapat memberikan dampak yang besar untuk lingkungan sekitar. Sehingga peran mahasiswa sebagai garda terdepan bagi masyarakat dapat terus digalakkan. “Dari kegiatan ini diharapkan Pantai Belibis dan Parkit bisa menjadi tempat wisata yang bersih dan nyaman bagi pengunjungnya serta membuka pikiran masyarakat untuk senantiasa mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah ke laut dan melakukan kebersihan pada lingkungan.,” pungkasnya penuh harap.










   


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah