Berita

Tingkatkan Kesiapbekerjaan Lulusan, Departemen Teknik Elektro Sertifikasi Kompetensi Calon Lulusannya

Senin, 29 Mei 2023 Humas UNP - Siti Sarah 521

Padang - Departemen Teknik Elektro FT-UNP mengadakan kegiatan Pelatihan dan Uji Kompetensi terhadap calon lulusannya pada hari Jumat dan Sabtu (26 & 27 Mei 2023), tepatnya pada skema KKNI level 4 Bidang Otomasi Industri dan dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Otomasi Industri Departemen Teknik Elektro. TUK ini merupakan salah satu TUK yang dimiliki oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Negeri Padang. Kegiatan yang diikuti oleh 17 orang calon lulusan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Teknik Elektro Risfendra, Ph.D pada hari Jumat (26 Mei 2023) dan dihadiri oleh Sekdep Habibullah, M.T., Kepala TUK Juli Sardi, M.T., Sektretaris TUK Doni Tri Putra Yanto, M.Pd.T., Bendahara TUK Citra Dewi, M.Eng, dan Koordinator bidang Uji Kompetensi Hamdani, M.Pd.T.

Risfendra, Ph.D. selaku Kepala Departemen menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan dan Uji Kompetensi ini merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan departemen untuk meningkatkan kesiapbekerjaan lulusan. Dengan dibekali sertifikat profesi dari BNSP setelah dinyatakan kompeten dalam uji Kompetensi ini diharapkan dapat membantu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan karena memiliki Kompetensi yang diakui secara nasional. Juli Sardi, M.T. selaku ketua TUK juga menyampaikan bahwa salah satu alasan disiapkannya TUK Otomasi Indsutri ini memang untuk mensertifikasi Kompetensi calon lulusan Departemen Teknik Elektro, sehingga lulusan tidak hanya memiliki ijazah tetapi juga didampingi oleh sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP.

Kegiatan yang diadakan selama 2 hari ini melibatkan empat orang asesor yang kompeten dan telah mendapatkan sertifikat asesor dari BNSP yaitu Risfendra, Ph.D., Habibullah, M.T., Juli Sardi, M.T., dan Dr. Ali Basrah, M.T., Alhasil, 17 calon lulusan dinyatakan kompeten setelah mengikuti serangkaian bentuk ujian kompetensi yaitu ujian tertulis, wawancara, dan unjuk kerja. Dalam kegiatan penutupan Juli Sardi, M.T. mengatakan bahwa TUK otomasi industri ini kedepanya akan membuka pendaftaran uji Kompetensi bagi mahasiswa dan umum setiap hari kerja, dan akan melakukan uji Kompetensi setelah kuato peserta terpenuhi. Pada pendaftar dapat mendaftarkan dirinya langsung ke sekretariat TUK Otomasi Industri Departemen Teknik Elektro di Gedung Laboratorium Terpadu Lantai III, Universitas Negeri Padang Kampus Air Tawar Barat.(JS/ OT/ Humas UNP)





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah