Berita

Tindaklanjuti Program PIEPTN: UNP Gelar Bimtek Instrumen Pencegahan Korupsi

Rabu, 27 Maret 2024 Humas UNP - Siti Sarah 548

Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) siap mendukung program Penguatan Integritas Ekosistem Perguruan Tinggi yang diusung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi KPK. Hal ini ditegaskan langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D pada Rabu (27/3/2024).

Prof. Ganefri yang juga merupakan Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ini mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kemitraan MRPTNI dengan KPK yang bertujuan untuk penguatan integritas di perguruan tinggi agar pengelolaan Perguruan Tinggi di Indonesia benar-benar bersih dari praktik KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

"UNP dan Perguruan Tinggi lainnya terutama yang tergabung dalam MRPTNI wajib untuk mengisi kuesioner asesmen penguatan integritas ekosistem perguruan tinggi, yang tujuannya bukan mencari-cari kesalah tetapi untuk mengukur kondisi perguruan tinggi tersebut dan dikuatkan bagian mana yang lemahnya," terangnya dalam acara Bimtek Instrumen Pencegahan Korupsi, Rabu.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa terdapat 12 area perubahan yang disepakati MRPTNI untuk mengukur dan melihat bagaimana kondisi Perguruan Tinggi tersebut. "12 area perubahan itu adalah usulan dari rektor-rektor mulai dari proses pemilihan pimpinan, penerimaaan mahasiswa baru, pengelolaan sumber daya, akreditasi dan perizinan, publikasi dan pengadaan barang dan jasa, pembelajaran, pengelolaan keuangan, kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan hilirisasi," tambahnya (Utr/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah