Berita

Semarak 70 Tahun, UNP Gelar Bersih Pantai dan Tanam Cemara Simbol Regenerasi

Sabtu, 26 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 88

Padang – Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kegiatan bersih pantai dan penanaman pohon cemara di kawasan Pantai Parkit, Padang, Sabtu (26/10/2024). Kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika UNP, termasuk tiga organ universitas Rektor, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik dan serta pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, karyawan, hingga masyarakat sekitar yang turut menyemarakkan aksi peduli lingkungan tersebut.

Rektor UNP, Krismadinata, Ph.D., kepada Humas UNP mengungkapkan bahwa aksi ini bukan sekadar bersih-bersih pantai, melainkan simbolisasi akan pentingnya keberlanjutan lingkungan bagi masa depan. “Kegiatan ini sebagai wujud dari komitmen UNP menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman pohon cemara menjadi simbol kehidupan baru. Di usia 70 ini, UNP berharap ke depannya terus tumbuh menjadi pohon yang memberi manfaat luas, layaknya pohon cemara yang kita tanam hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pohon yang ditanam ini merupakan bagian dari pesan berkelanjutan bagi generasi berikutnya. “Sebagaimana dunia pendidikan, pohon yang kita tanam hari ini adalah untuk masa depan. Pohon ini akan terus tumbuh, memberikan manfaat bagi lingkungan, generasi pendidikan, dan bangsa,” tambahnya.

Kegiatan bersih pantai dan penanaman pohon cemara ini adalah salah satu rangkaian acara yang diawali dengan jalan santai bersama. Dimulai dari GOR PPSP, peserta jalan santai menyusuri rute yang meliputi Jalan Cendrawasih, Jalan Gajah, dan singgah di Pantai Parkit untuk mengikuti aksi lingkungan tersebut, sebelum kembali ke area kampus UNP melalui Jalan Labor dan berakhir di Rektorat.

Dengan antusiasme yang tinggi, para peserta membersihkan sampah di sekitar Pantai Parkit dan bergotong-royong menanam pohon cemara yang diharapkan dapat menjaga stabilitas ekosistem di daerah pantai. Aksi ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar yang mendukung upaya pelestarian kawasan pesisir.

Melalui kegiatan ini, tutup Rektor Kris UNP berharap dapat menanamkan nilai-nilai keberlanjutan kepada para mahasiswa dan civitas akademika, sekaligus mengajak masyarakat untuk terus peduli terhadap lingkungan sekitar. (Utr/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah