Berita

Wisuda 1.073 Lulusan di Hari Pertama, Rektor: UNP Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Selasa, 26 September 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1106

Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) mewisuda 3.166 orang lulusan pada wisuda ke 132 yang digelar tiga hari pada tanggal 26,27 dan 28 September 2023 di Gedung Auditorium UNP, Kampus Air Tawar Padang.

Pada hari pertama ini, Selasa (26/9/2023) UNP mewisuda sebanyak 1.073 wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari tamatan program Diploma (D3) 69 orang, Sarjana (S1) dan D4 Kependidikan sebanyak 494 orang serta non kependidikan 228 orang. Kemudian program magister (S2) sebanyak 253 orang dan program Doktoral (S3) 29 orang.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam pidatonya mengucapkan selamat kepada wisudawan atas gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.

"Saya atas nama pribadi, sebagai pimpinan dan atas  nama seluruh civitas akademik Universitas Negeri Padang menyampaikan dengan rasa bahagia dan apresiasi tinggi atas kelulusan wisudawan/wisudawati sekaligus mengucapkan selamat atas gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh," kata Prof. Ganefri.

Dalam pidatonya Rektor UNP juga berharap lulusan UNP dapat terus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan kehidupan bermasyarakat di Indonesia. "Seraya terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa dunia pendidikan merupakan fondasi dari kemajuan suatu bangsa oleh karena itu pendidikan menjadi kunci utama untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing, maka pemerintah harus memiliki kebijakan pendidikan yang progresif untuk menjawab segala perubahan. "Termasuk UNP yang siap mewujudkan Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Pada wisuda kali ini juga disampaikan orasi ilmiah oleh Anggota DPR RI Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si. Dalam orasinya, Guspardi Gaus mengapresiasi Prof. Ganefri karena telah berhasil menjadikan UNP sebagai salah satu Universitas berkelas di Indonesia.

Ia juga berpesan kepada para wisudawan untuk menjadikan motto UNP 'Alam Takambang jadi Guru' sebagai karakter alumni sebagaimana makna dari motto ini sendiri yang sangat luas sehingga bisa menjadikan mereka orang-orang hebat yang mampu menyonsong era generasi emas Indonesia 2045.

"Setelah wisuda ini saya berharap ini bukan akhir untuk anak-anak sekalian menuntut ilmu, karena kita harus terus maju menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang menyonsong," tambahnya.

Turut hadir pada wisuda hari ini, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor I,II, III dan IV, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana serta Sekolah Vokasi, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan, kepala dan Sekretaris SPI dan Kepala UPT, Kepala Pusat, Kepala Kantor. Kemudian Kepala dan Sekretaris Departemen, koordinator Program Studi serta Kepala Bagian. (utr/Humas UNP)











Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah