Berita

Dekan FBS UNP Buka Secara Resmi Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa Departemen Bahasa Inggris

Sabtu, 25 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 529

PADANG - Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang diikuti oleh mahasiswa Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan pelatihan kewirausahaan dengan narasumber Vella Anggreta, M.Pd.E. dari Universitas Indraprasta dilaksanakan pada Sabtu (25/11) secara luring di Labor Bahasa Kampus FBS UNP Air Tawar Padang dan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan pelatihan ini selain diikuti oleh mahasiswa, juga dihadiri oleh Kepala Departemen, Koordinator Program Studi, staf pengajar di Departemen Bahasa dan Sastra Inggris FBS Universitas Negeri Padang.


Pada kesempatan itu, Dekan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menyampaikan bahwa mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang sangat memiliki peluang untuk mengembangkan kewirausahaan dengan dana yang disediakan oleh Kemendikbudristek dan dana yang disediakan oleh Universitas Negeri Padang.


"Untuk mendapatkan dana pengembangan kewirausahaan itu, mahasiswa harus mengajukan proposal kegiatan kewirausahaan tersebut yang berisikan program kewirausahaan yang memiliki kreativitas dan inovasi. Pengajuan proposal program kewirausahaan mahasiswa dapat diajukan setiap tahun sesuai dengan waktu yang ditetapkan," tukuk Dekan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd.

Selain itu kata Dekan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., gagasan baru yang bernilai inovasi di bidang kewirausahaan itu dapat dihadirkan dengan ide kreativitas yang baik dan hal ini dapat dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa yang kreatif.


"Mahasiswa yang kreatif adalah mahasiswa yang mampu memberikan nilai baru terhadap hal yang sudah ada. Orang yang kreatif bukanlah benar-benar menciptakan hal yang baru, tetapi hanya memberikan nilai baru terhadap produk yang sudah sehingga menghasilkan barang baru dan berbeda dari barang yang sudah ada," tambah Dekan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd.


Pada kesempatan itu, Kepala Departemen Bahasa dan Sastra Inggris, Dr. Yuli Tiarina, M.Pd. menyampaikan bahwa kewirausahaan bukan hanya tentang memulai bisnis besar atau menjadi pengusaha sukses.

"Kewirausahaan adalah sikap mental yaitu bagaimana menghasilkan kreativitas, inovasi, dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dengan keberanian dan ketekunan," jelas Dr. Yuli Tiarina, M.Pd.


Demikian juga Dr. Yuli Tiarina, M.Pd. menyampaikan sebagai mahasiswa, saatnya untuk melihat diri ananda bukan hanya sebagai penerima ilmu, tetapi juga sebagai pencipta ide, solusi, dan perubahan.

"Ananda mahasiswa memiliki kekuatan untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam membantu menyelesaikan masalah di sekitar, menciptakan peluang baru, dan menginspirasi orang lain," tambah Dr. Yuli Tiarina, M.Pd.


Untuk itu kata Dr. Yuli Tiarina, M.Pd., mahasiswa haruskau berperan aktif dalam membangun budaya kewirausahaan, jadilah pionir, tidak takut gagal, dan terus berani mencoba dan kadikan setiap kesalahan sebagai pelajaran berharga untuk tumbuh dan berkembang.


"Oleh karena itu, melalui workshop ini, diharapkan Ananda bisa melahirkan sebuah ide yang dituangkan dalam sebuah proposa yang nanti bisa Ananda realisasikan melaui hibah Kewirausahaan di tahun 2024. Pergunakan kesempatan ini membuat proposal dengan melibatkan teman-teman dari prodi yang lain atau lintas prodi," harap Dr. Yuli Tiarina, M.Pd. (ET) berita dikutip dari beritaminang.com



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah