Berita

Peresmian Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI UNP) langsung oleh Ketua IAGI

Rabu, 25 September 2024 Humas UNP - Siti Sarah 363

Ketua Umum IAGI Pusat, STJ Budi Santoso, S.T., M.Econ.Geol, meresmikan Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI) di Universitas Negeri Padang (UNP) pada 23 September 2024. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Departemen Teknik Pertambangan sekaligus Kaprodi Teknik Geologi ,Dr. Ir. Rudy Anarta, S.T., M.T., jajaran dosen, mahasiswa, dan sejumlah perwakilan industri geologi dari perusahaan Semen Padang. Peresmian ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi pengembangan geologi di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, ketua IAGI menyampaikan pentingnya kolaborasi antara akademisi dan praktisi untuk menghadapi tantangan eksplorasi sumber daya alam. Tema seminar yang diusung, “Menyongsong Masa Depan Berkelanjutan dengan Eksplorasi Sumber Daya,” memberikan gambaran tentang bagaimana geologi dapat berperan dalam pembangunan berkelanjutan. Ia menekankan bahwa eksplorasi yang bijak akan menjaga keseimbangan antara pemanfaatan sumber daya dan pelestarian lingkungan.

Acara peresmian ini dilanjutkan dengan seminar yang menghadirkan narasumber ahli geologi sumatera barat sekaligus ketua IAGI pengda Sumatera Barat. Dian Hadiyansyah S.T.,M.T ,menjelaskan bahwa potensi alam Sumatera Barat sangat besar, terutama dalam bidang mineral,energi dan wisata. Ia mengajak mahasiswa untuk lebih aktif mengeksplorasi ilmu geologi dan berkontribusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat.

Dengan hadirnya SM-IAGI, mahasiswa UNP kini memiliki wadah untuk mengembangkan diri sebagai calon geolog muda. Organisasi ini diharapkan dapat menghubungkan mahasiswa dengan industri, serta menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Selain itu, SM-IAGI juga berkomitmen untuk melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar,organisasi IAGI dan institusi UNP .

Peran SM-IAGI sangat strategis mengingat kekayaan alam yang dimiliki Sumatera Barat. Potensi sumber daya yang melimpah membutuhkan ahli geologi yang kompeten untuk mengelolanya. Dengan pembekalan yang tepat, mahasiswa akan siap berkiprah di dunia industri, baik sebagai profesional maupun dalam proyek-proyek penelitian.

Peresmian ini diharapkan bukan hanya menjadi simbol, tetapi juga langkah awal untuk menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan industri. Dengan dukungan semua pihak, SM-IAGI akan menjadi motor penggerak dalam pengembangan geologi di Sumatera Barat, mengoptimalkan potensi alam dan sumber daya manusia yang ada.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah