Berita

Departemen Kepelatihan FIK UNP Gelar FGD dengan Dispora Terkait Pembukaan Prodi S1 Kepelatihan Fisik Olahraga

Kamis, 25 April 2024 Humas UNP - Siti Sarah 688

Padang - Departemen Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat guna membahas pembukaan Program Studi Sarjana (S1) Kepelatihan Fisik Olahraga.

FGD yang berlangsung di ruang sidang lantai 2 Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP ini dihadiri oleh Dekan FIK, Prof. Dr. Nurul Ihsan, M.Pd, Wakil Dekan 1 Dr. Padli, S.Si, M.Pd, Wakil Dekan 2 Prof. Dr. Muhamad Sazeli Rifki, S.Si, M.Pd, Kepala Departemen Kepelatihan Dr. Masrun, M.Pd, serta para dosen Kepelatihan.


Dari pihak Dispora sendiri hadir langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat, Drs. Maifrizon, M.Si dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Drs. Afriadi, M.Si. 


Adapun diskusi dalam FGD ini berfokus pada peran pelatih fisik yang sangat penting dalam mendukung prestasi cabang olahraga saat ini. Dr. Masrun, Kepala Departemen Kepelatihan, menyampaikan berbagai hal yang perlu dimasukkan ke dalam kurikulum Program Studi Kepelatihan Fisik Olahraga.


Sementara itu Drs. Maifrizon, M.Si, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, menyambut baik saran-saran yang disampaikan oleh Dr. Masrun. Beliau menjelaskan bahwa saat ini keberadaan berbagai jenis pelatih, seperti pelatih kepala, pelatih taktik, pelatih teknik, dan pelatih fisik, sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi olahraga, khususnya di Sumatera Barat.


Kerjasama antara FIK UNP dan Dispora dalam mengembangkan Program Studi S1 Kepelatihan Fisik Olahraga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kepemimpinan dan pelatihan olahraga. 


"Sinergi antara akademisi dan praktisi olahraga ini diharapkan dapat menghasilkan program studi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri olahraga di Sumatera Barat," kata Dekan FIK.

Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah