Berita

UNP dan UMRAH Tingkatkan Kerja Sama melalui Patok Banding Pengelolaan BLU dan Sistem Remunerasi

Kamis, 24 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 189

Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) menerima kunjungan rombongan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dalam kegiatan Patok Banding terkait Pengelolaan Sistem Informasi Remunerasi dan Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU), yang digelar di Ruang Sidang Senat Lantai 4, Gedung Rektorat & Research Center UNP, Kamis (24/10).

Dalam sambutannya, Rektor UNP, Krismadinata, Ph.D., memaparkan rencana pengembangan jangka panjang UNP sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Selain itu, Rektor berbagi strategi dan kebijakan telah dilakukan UNP dalam rangka meningkatkan fleksibilitas pengelolaan keuangan, yang menjadi tujuan utama BLU. “BLU memungkinkan kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam upaya memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kami memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan, di mana sumber pendanaan UNP berasal dari PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak), BOPTN (Bantuan Operasional Pendidikan Tinggi Nasional), hibah kompetitif, serta berbagai kerja sama dengan lembaga lain,” jelas Krismadinata.

Lebih lanjut, Krismadinata juga menekankan pentingnya transformasi digital yang telah dilakukan UNP untuk mempermudah pekerjaan administratif. "Proses rutin yang dulu dikerjakan secara manual kini telah digantikan oleh aplikasi. Kami juga menganut sistem sentralisasi dalam pengelolaan keuangan, manajemen, sumber daya manusia, dan penelitian," tambahnya.

Sementara itu, Dr. Tengku Said Raza'i, S.Pi., M.P., Wakil Rektor I bidang Akademik dan Perencanaan UMRAH, menyatakan bahwa kunjungan mereka ke UNP bertujuan untuk belajar mengenai pengelolaan yang lebih sederhana, sebagai persiapan UMRAH menuju status BLU. "Kami ingin belajar bagaimana menangani pengelolaan yang lebih simpel serta meningkatkan strategi dalam menambah jumlah mahasiswa dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Harapan kami, ilmu yang diperoleh dapat diterapkan sehingga UMRAH menjadi perguruan tinggi yang lebih kompetitif," ungkapnya.

Acara ini dilanjutkan dengan diskusi interaktif, di mana Wakil Rektor II dan tim remunerasi UNP memaparkan secara detail sistem remunerasi yang diterapkan di UNP, di hadapan rombongan UMRAH.

Turut hadir dalam kegiatan ini dari pihak UMRAH adalah Wakil Rektor Bidang Akademik & Perencanaan, Wakil Rektor Bidang Umum & Keuangan, Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan FTTK, Dekan FEBM, Dekan FIKP, Dekan FISIP, Kepala LPMPP, serta beberapa pejabat penting lainnya, termasuk PPK, Pokja Keuangan, Bendahara Pengeluaran, Staf Keuangan, dan Analis Anggaran Ahli Muda UMRAH. Sedangkan dari UNP, turut hadir para pimpinan senior, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Badan, Direktur Direktorat, dan tim remunerasi UNP. (ab/ss/Humas)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah