Berita

Implementasikan Permendikbudristek Tentang PPKS, Dharmawanita Persatuan UNP Canangkan DWP Sahabat Kampus

Selasa, 24 Oktober 2023 Humas UNP - Siti Sarah 689

Padang - Guna mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi, Dharmawanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar acara Pencanangan  Dharmawanita Persatuan (DWP) Sahabat Kampus di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Rektorat UNP, Selasa (24/10/2023).

Ketua DWP Unit UNP, Prof. Asmar Yulastri Ganefri, Ph.D mengatakan dengan bertemakan 'Bersama Kita Teguhkan Komitmen dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) untuk Mewujudkan Kampus UNP yang Aman, Jaya dan Bermartabat' kegiatan ini merupakan bentuk komitmen DWP UNP dalam berperan aktif mengimplementasikan Permen itu serta program 'DWP Sahabat Kampus' yang dicanangkan DWP Dirjen Dikti Kemdikbudristek.

Sementara itu, Ketua Satgas  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNP, Dr. Fatmariza, M.Hum sangat berbahagia karena DWP ikut bekerjasama dalam melaksanakan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di Lingkungan kampus.

"Targetnya bagaimana kita bersama-sama peduli terhadap pencegahan. Karena lebih baik mencegah sebelum semuanya terjadi, sebab kedua belah pihak akan menderita nantinya. Maka dari itu kita harus berkomitmen bersama-sama untuk melakukan pencegahan," terangnya.

Lebih lanjut Dr. Fatmariza mengatakan turut berpatisipasi dengan PPKS juga merupakan salah satu untuk menjaga nama baik kita, keluarga dan UNP tentunya

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, M.Litt saat membuka acara itu mengatakan UNP sangat menyambut baik keterlibatan DWP dalam PPKS terutama dalam langkah pencegahan. Ia juga mengatakan suatu nilai positif jika ibu-ibu DWP ini ikut menjadi Satgas PPKS di UNP mengingat jumlah Satgas PPKS yang belum sebanding dengan jumlah Mahasiswa, Dosen, dan staf Pegawai di UNP.

Ketua Dharmawanita Persatuan (DWP) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi,(Dirjen Dikti Kemdikbudristek) Sri Puji Saraswati Nizam dalam menyampaikan materinya menegaskan bahwa program ini merupakan bentuk dukungan kita dalam mendukung para suami kita yang bekerja di Perguruan Tinggi untuk mengimplementasikan Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021.

Turut Hadir dalam acara ini Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur Sekolah Vokasi, Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan UNP, Pengurus DWP Unit, Ketua DWP Sub Unit Fakultas, Sekolah Vokasi dan Rektorat Selingkungan UNP. (utr/Humas UNP)



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah