Berita

Kunjungan Rektor UNP ke LIPIA Jakarta

Selasa, 23 November 2021 Humas UNP - Siti Sarah 1502

Padang-- Pada hari Senin, 22 November, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, Ph. D. yang didampingi oleh Al Ikhlas, Lc., MA. dan Dr. Muhammad Zen, MA. (Dosen FIS-UNP), melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Indonesia yang berpusat di Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, kedatangan Rektor UNP diterima dengan sangat baik oleh Dr. Bandar bin Sa`ad al-Alam yang merupakan pimpinan LIPIA Jakarta yang baru saja ditugaskan di Indonesia. 

Kunjungan yang diprakarsai oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia ini bertujuan untuk membicarakan beberapa kerjasama yang bisa dilakukan oleh kedua pihak. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Negeri Padang, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab dan ilmu ke-Islam-an. Sebelumnya, LIPIA juga telah mengirimkan lebih kurang 150 judul lliteratur berbahasa Arab yang disumbangkan untuk mendukung kegiatan sivitas akademika UNP di Saudi Center yang akan diresmikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia pada bulan Januari tahun 2022 mendatang. 

Kunjungan yang berlansung lebih kurang satu jam tersebut juga membicarakan tentang MoU antara Universitas Negeri Padang dengan Al-Imam University yang merupakan induk dari LIPIA Jakarta yang bepusat di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi. Dengan adanya MoU tersebut, maka Universitas Negeri Padang lebih siap dan leluasa dalam melakukan berbagai kegiatan  dengan LIPIA, termasuk rencana pembukaan Cabang LIPIA di Padang. 

Dalam waktu dekat, Dr. Bandar bin Sa`id al-Alam berjanji akan mengunjungi UNP dan ini akan menjadi kunjungan kerjanya pertama kali ke universitas semenjak beliau ditugaskan di Indonesia. Tentu hal yang demikian menjadi sebuah kehormatan bagi UNP untuk menjamu beliau di Padang untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa dan mahasiswa Universitas Negeri Padang. Semoga pertemuan ini menjadi pertemuan yang diberkahi sehingga mampu memberikan kebaikan bagi masa depan UNP dan masyarakat muslim Sumatera Barat.

Dipenghujung kegiatan, Dr. Bandar bin Sa`id al-Alam menyerahkan cendramata kepada Rektor UNP berupa sebuah kaligrafi yang bertuliskan Ganefri dalam Bahasa Arab yang ditulis tangan oleh seorang kaligrafer handal di sana. Selain itu, Dr. Bandar bin Sa`id al Al-Alam juga menyerahkan sebuah plakat kenang-kenangan. Selanjutnya Rektor dan segenap tamu undangan yang disuguhi makan siang dengan menu Arab Saudi yang sangat istimewa dan ditutup dengan foto bersama. (Ikhlas/Humas UNP)  





  


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah