Berita

Media Pop-Up Book Berbasis Augmented Reality untuk Pendidikan Anak Usia Dini: Inovasi Mahasiswa UNP dalam Literasi Budaya Nusantara

Minggu, 21 Juli 2024 Humas UNP - Siti Sarah 835

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Humaniora (PKM-RSH) 2024 Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan inovasi dalam pendidikan anak usia dini dengan memperkenalkan media pop-up book berbasis Augmented Reality (AR). Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak dengan cara yang interaktif dan menyenangkan, sekaligus memperkenalkan dan melestarikan literasi budaya Nusantara.

Tim PKM ini diketuai oleh Ramos Mardiansyah (Teknologi Pendidikan 2021) dan beranggotakan Rahma Dini (Teknologi Pendidikan 2021, Resi Sandeya (PGPAUD 2021), Widya Suhada SandriSandri. P (PGPAUD 2021), dengan dosen pendamping Mutia Afnida, M.Pd yang merupakan Dosen Departemen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang (FIP UNP). 

''Pop-up book yang dirancang oleh tim mahasiswa UNP ini menawarkan elemen visual 2D dan 3D yang menarik dengan menggunakan teknologi AR. Melalui aplikasi AR, gambar-gambar dalam buku tidak hanya "hidup" tetapi juga menyajikan informasi tambahan, animasi, serta interaksi mengenai berbagai aspek budaya Nusantara seperti pakaian adat, tarian, alat musik, makanan, dan panggilan daerah dari budaya Minangkabau, Batak, Aceh, Jawa, dan Papua. Sehingga anak-anak dapat menjelajahi kekayaan budaya Indonesia secara langsung dan menyenangkan," Kata Ramos Mardiansyah

Resi Sandeya menambahkan bahwa tujuan utama dari inovasi ini adalah memperkenalkan anak usia dini pada warisan budaya Nusantara dengan cara yang menarik dan interaktif. 

"Teknologi AR dalam pop-up book ini memungkinkan anak-anak untuk belajar tentang pakaian adat, tarian adat, alat musik, makanan, dan panggilan khas dari berbagai budaya seperti Minangkabau, Batak, Aceh, Jawa, dan Papua. Ini membantu mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga memahami dan menghargai keragaman budaya Indonesia", tandas Rahma Dini

Kemudian Widya Suhada Sandri. P mengatakan bahwa media pop-up book ini dapat menjadi alat bantu yang berharga dalam pendidikan anak usia dini, memberikan dampak positif tidak hanya pada aspek akademik tetapi juga pada pemahaman dan pelestarian budaya Nusantara di kalangan generasi muda.

"Harapannya, media pop-up book ini akan disebarluaskan dan digunakan di seluruh TK di Kota Padang, sehingga dapat memberikan dampak positif pada pendidikan anak usia dini dan memperkokoh pemahaman serta pelestarian budaya Nusantara di kalangan generasi muda.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah