Berita

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Bekal Mencari Bibit Unggul Yang Cerdas di Bidang Jurnalistik

Jumat, 20 November 2020 Humas UNP - Siti Sarah 1376

Padang- Rabu tanggal 7 Oktober 2020 berlangsung kegiatan “Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD)” yang diadakan oleh Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus (UKKPK) Universitas Negeri Padang. 

Kegiatan ini diadakan secara luring bertempat di ruang sidang gedung IT UNP. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D., didampingi oleh Wakil Rektor 3, Pembina Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus, Dr. Hanif Alkadri, S.Pd., M,Pd. Serta pemateri dan panitia.

Kegiatan PJTD UNP ini menampilkan 4 (empat) orang pemateri yang sangat berpengalaman di bidang jurnalistik yaitu Yurnaldi S.Pd., MED dengan materi “Keterampilan Jurnalistik yang Wajib Dikuasi Wartawan Profesional”, materi kedua tentang “Implementasi Kode Etik Jurnalistik, Kode Etik Cyber(Media Sosial), dan pasal-pasal pidana yang bisa menjerat wartawan" yang disampaikan oleh Dr. Ir. Basril Basyar, MM. Materi yang ketiga membahas tentang "Manajemen Media Daring dan Peluang Bisnis Daring di Era Industri 4.0" yang disampaikan Suleman Tanjung, S. Ag, M.Pd dan yang terakhir yaitu “Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 dan Masalahnya" disampaikan oleh Drs. Dian Wijaya.

Kegiatan ini diikuti oleh 25 (dua puluh lima) orang peserta yang telah melalui diseleksi oleh panitia. “Kegiatan ini sangat bagus diadakan oleh UKKPK UNP, karena dapat memunculkan bibit seorang wartawan yang cerdas, kegiatan ini juga membahas hal-hal dasar terlebih dahulu, pokoknya wajib ada lagi tahun berikutnya” ucap Wilda salah satu peserta PJTD UNP.

Dalam sambutannya, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D,  mengatakan "Banggalah semua peserta yang dapat melakukan pelatihan hari ini, karena melalui pelatihan jurnalistik ini, akan melahirkan orang-orang hebat yang bisa menjadi jurnalis atau wartawan hebat nantinya, melalui pelatihan ini akan memunculkan peluang kerja baru, apalagi pada masa sekarang sangat banyak pengusaha media yang telah sukses" katanya. 
Sedangkan menurut Dian Wijaya, kegiatan PJTD ini sangat bagus diadakan oleh UKKPK UNP dan antusias beberapa peserta juga sangat bagus. Saya berharapnya bukan tahun ini saja UKKPK UNP bisa mengangkat acara keren begini, semoga tahun berikutnya juga ada bibit jurnalis yang mau belajar” ucapnya.

Kegiatan PJTD ini yang dilakukan oleh UKKPK ini memiliki tujuan mulia, dimana mahasiswa UNP memiliki sosok wartawan yang profesional dikemudian hari, bukan wartawan yang hanya bisa copy paste, akan tetapi wartawan yang bisa menjernihkan persoalan, memberikan pengetahuan dan informasi yang bermakna bagi pembaca. (UKKP/Humas UNP) 


 


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah