Berita

Kabar Baik untuk Dunia Industri dan Peneliti: Laboratorium Terpadu UNP Terakreditasi ISO 17025

Senin, 20 Maret 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1043

Padang --- Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu universitas Unggul di Indonesia yang selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Berbagai raihan prestasi telah diraih oleh UNP salah satunya Laboratorium Terpadu UNP yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2017 melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor LT 1641UGN. 

Tertanggal 25 Mei 2022 Laboratorium Terpadu UNP berhasil meloloskan 11 jenis pengujian dengan metode uji internasional seperti American Standard Testing and Material (ASTN), British Standard (BS), dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Jenis pengujian yang di akreditasi meliputi pengujian kualitas batubara, pengujian kuat tekan beton, pengujian tarik, pengujian kekerasan bahan, dan pengujian X-RAY Diffraction.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan apresiasi pada laboratorium terpadu UNP yang telah terakreditasi ISO/IEC/17025 terkait dengan bidang pengujian logam maupun kimia, fisika dan lain-lain. Rektor menghimbau kepada para pengusaha, dunia usaha, dunia industri maupun para peneliti yang memerlukan pengujian bahan terkait dengan pengujian mekanik maupun kandungan kimia fisika dari struktur bahan yang dibutuhkan dalam pengembangan dunia usaha maupun dunia industri. “ Laboratorium ini adalah satu-satunya di Sumatra Bagian Tengah yang terakreditasi 17025. Hal ini tentu sangat membantu kepada dunia usaha maupun dunia industri para peneliti untuk memudahkan proses pelaksanaan pengujian-pengujian  terkait dengan bidang mekanik, fisika maupun kimia mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita semua,” papar Prof. Ganefri.

Pengujian kualitas batubara di laboratorium terpadu UNP menggunakan peralatan canggih dan terbaru serta menggunakan standar pengujian ASTM sehingga hasil yang dikeluarkan dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan parameter uji yang dapat di ukur diantaranya pengujian kalori, pengujian sulfur, kadar abu dan zat terbang kadar air. Pengujian kuat tekan beton saat ini menjadi primadona karena semakin kencangnya pembangunan yang ada di Indonesia labor terpadu UNP menggunakan pengujian SNI 1974:2011. 

Pengujian kekuatan Tarik di labor terpadu UNP sudah memiliki market yang sangat luas karena pertama di Sumatra barat yang telah terakreditasi komite akreditasi nasional metode pengujian yang digunakan yaitu SNI 2052:2017. Pengujian XRD berfungsi untuk mengetahui profil kualitatif dan intensitas sinar X metode uji yang digunakan BS EN 13925 -1:2003 saat ini XRD sudah memiliki pelanggan tetap yang berasal dari seluruh Indonesia. Pengujian kekerasan bahan bertujuan untuk menguji kekerasan material logam dan non logam menggunakan metode ASTM Adapun parameter yang diukur antara lain nilai kekerasan Brinell, nilai kekerasan VICKERS, nilai kekerasan ROCKWELL. (Labdu UNP/Humas UNP)











Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah