Berita

Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, FPP, kunjungi Malaysia untuk Benchmarking

Sabtu, 18 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 741

Dalam rangka mendukung UNP menuju World Class University, Program Study D4 Manajamen Perhotelan FPP memboyong 50 orang Mahasiswa/I nya dan didampingi oleh lima orang Dosen untuk berkunjung ke Malaysia pada tanggal 15-18 November 2023. Pada kesempatan ini, kunjungan ditujukan pada universitas, industri, dan juga otoritas pariwisata. Mahasiswa didampingi oleh Wakil Dekan 1 FPP, Dr. Kasmita, M.Si; Youmil Abrian, SE., MM, Pasaribu, M.Si.Par, CHE, Rian Surenda, SEI., MM., Vischa Mansyera Pratama, M.Pd.dan juga Violintikha Harmawan, M.Pd.

Pada saat keberangkatan, rombongan diantar dan dilepas secara resmi oleh Kepala Departemen Pariwisata yang juga merupakan koordinator Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Feri Ferdian Ph.D, CHE. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan agar mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali informasi sebanyak mungkin serta menimba pengalaman yang luar biasa dari kegiatan internasional ini, serta berharap akan banyak kolaborasi yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini agar dapat meningkatkan Global Reputation Prodi Manajemen Perhotelan.

Lawatan pertama ditujukan pada Kampus Management and Science University (MSU) dimana pada kampus ini terdapat program studi Hospitality yang merupakan prodi dengan raking 49 dunia, dan akan ada banyak kolaborasi untuk seluruh program studi dilingkup FPP. Selanjutnya rombongan menuju Taylor’s University, dimana bidang Hospitality & Tourism pada kampus ini merupakan ranking 16 Dunia (QS World Ranking by subject) dan juga Private University nomor 1 terbaik di Malaysia. Di Taylor’s University, rombongan diajak untuk melakukan Campus Tour dan juga presentasi dari dua orang (1) Dr. Rupam Konar, Programme Director – Ph.D. (Hospitality & Tourism) and MSc. (Tourism),  Associate Director - Centre for Research and Innovation in Tourism (CRiT), Managing Editor -  Asia-Pacific Journal of Innovation in Hosptality and Tourism (APJIHT); (2) Associate Professor Dr Balasubramanian Kandappan, yang merupakan Programme Director - MIHM & MGHM Programmes, School of Hospitality, Tourism and Events Faculty of Social Sciences and Leisure Management.

Setelah berkunjung kedua kampus terbaik bidang Hospitality tersebut, rombongan melakukan kunjungan ke Seri Pacific Hotel di Kuala Lumpur yang memiliki 560 kamar, dimana hotel ini merupakan hotel bintang 5 yang bersebelahan dengan World Trade Center. Kunjungan ini juga menghasilkan kesepakatan untuk kerjasama Student Internship yang akan segera ditindaklanjuti dengan MoU. Selain itu, rombongan juga berkunjung ke Tourism Malaysia di Putra Jaya sebagai salah satu stake holder yang mengurusi pengelolaan pariwisata Malaysia.

Dr.Kasmita, selaku Wakil Dekan I FPP juga menyampaikan bahwa kunjungan ini sangat luar biasa, dan akan ada banyak kerjasama yang akan dijalin, sehingga dapat meningkatkan Global Reputation bagi UNP, khususnya Fakultas Pariwisata dan Perhotelan. Hasil dari kunjungan ini juga akan segera dilaporkan kepada Dekan FPP dan tentu juga Rektor UNP. Mahasiswa diharapkan juga memiliki wawasan global dan tentunya juga dapat mendorong peningkatan kerjasama FPP dengan berbagai stakeholder yang dikunjungi, khususnya prodi D4 Manajemen Perhotelan dalam bentuk academic mobility, student internship program, joint degree program (triple awards program), dan kerjasama lainnya.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah