Berita

Tim Basket Putra Papua Berhasil Memenangkan Pertandingan Melawan Sumatera Barat pada POMNAS XVII 2022

Jumat, 18 November 2022 Humas UNP - Syafril 520

Pertandingan pertama dihari kedua cabang olahraga Bola Basket Putra pada POMNas XVII Sumatera Barat mempertemukan antara Provinsi Papua  dengan Provinsi Sumatera Barat, di Sport Center UNP Lubuk Buaya, Jumat (18/11). 
Kedua provinsi ini dipertemukan pada penyisihan pool A. Pertandingan yang berlangsung sengit ini membuktikan bahwa para pemain sudah berlatih cukup keras. 

Pada kuarter pertama, tim Papua membuka pertandingan dengan mencetak point lewat tembakan akurat dua angka. Kedua tim saling serang menyerang dan bertahan. Kejar-mengejar point yang cukup tipis antara kedua tim menjadikan pertandingan sangat menegangkan. kuarter pertama berakhir dengan perolehan point 20-22 yang dipimpin oleh Sumatera Barat. 

Pada kuarter kedua, pertandingan masih berlangsung sengit. Tim Papua yang tak henti-hentinya membuat angka lewat three point hampir membuat tim Sumatera Barat tertinggal jauh. Namun berkat permainan di bawah ring dan pertahanan yang cukup kokoh, Sumatera Barat mampu menyusul ketertinggalan tersebut. Kuarter kedua berakhir dengan point imbang antar kedua tim yaitu 34-34. 

Pada kuarter ketiga, kedua tim belum ada yang mencetak point hingga 2 menit berjalannya permainan. Hingga point pertama pada kuarter ini dibuka oleh tim Sumatera Barat lewat serangan ke dalam pertahanan Papua. Tim Papua yang menggunakan pertahanan man to man cukup membuat tim Sumatera Barat kewalahan. Kuarter ketiga berakhir dengan perolehan point tipis yaitu 44-42 yang dipimpin oleh tim Papua. 

Pada kuarter empat, tim Papua meningkatkan serangan di area pain. Dengan memanfaatkan celah untuk mendapatkan free throw melalui foul yang dibuat oleh tim Sumatera Barat, sehingga membuat point Papua lebih unggul dari Sumatera Barat. Dan pertandingan pertama hari kedua ini berakhir dengan dimenangkan oleh Papua dan point akhir yaitu 58-52. 

Usai pertandingan, Pelatih Basket putra  Papua Coach Alfa Hari Kusumanegara mengatakan, kedua tim menampilkan permainan yang menarik. Ia melihat Sumbar bermain dengan sangat agresif dan pertahannya sangat bagus. 

"Tapi, alhamdulillah kita bisa menang pada pertandingan kali ini dan siap untuk tampil pada laga selanjutnya,"ucapnya. 

Lebih lanjut, pada pertandingan kedua, Coach Hari sangat mengantisipasi tim basket Banten. Ia mengatakan Banten merupakan perwakilan Indonesia pada kejuaraan basket di Jepang. 

"Mudah-mudahan kita bisa merebut point dan memperoleh kemenangan," ungkapnya.
(Muh.Reza/Humas UNP)