Berita

Kepala MBKM LP3M UNP Dr. Muhammad Adri, S. Pd., M. T Jadi Narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Hidup Produktif di Era Digital

Rabu, 18 Agustus 2021 Humas UNP - Siti Sarah 499

Padang- Kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital dengan tema Hidup Produktif di Era Digital yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informartika (KOMINFO) melali aplikasi zoom meeting, Rabu (18/8). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan audiens dari kalangan beberapa akademisi dan pengajar. Dalam acara tersebut di Moderatori oleh Hafizulhaq Azzamul Hakim dan juga diisi oleh beberapa narasumber, yaitu  Medhanita Dewi Renanti S. Kom., M. Kom. Dosen Vokasi IPB, Anwar Fattah, S. T., MTI. Dosen dan Cyber Security Officer IT, Masruhan Muhfid, S. Pd., M. Kom. Pendidik/Influencer/Youtuber  dan salah salah satunya Ka. Pusat MBKM LP3M UNP Dr. Muhammad Adri, S. Pd., M. T., serta yang terakhir diikuti oleh Suci Mentari sebagai influencer dan jurnalis Vlog.

Pada abad 21, era 4.0 yang serba teknologi. Literasi digital perlu disosialisasikan agar kita dapat melek digital dan mencari pundi-pundi keuangan dan keuntungan serta terhindar dari segala hal-hal buruk seperti peretasan, pembobolan dan hoax yang sedang marak beredar, untuk itu Kementrian Kominfo menyelenggarakan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 dengan Tema Hidup Produktif di Era Digital dengan harapan semua kalangan masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan dunia digital dengan sebaiknya.

Dosen Sekolah Vokasi IPB Medhanita Dewi Renanti, S. Kom., M. Kom., selaku narasumber pertama dalam acara tersebut memaparkan materi tentang Budaya Digital, dalam pemaparan beliau menyampaikan bahwa pada era digital ini kompetisi bukan lagi hal yang harus dipertontokan melainkan kolaborasi satu sama lain agar mencapai tujuan yang sama dalam kehidupan bersama. “Sekarang bukan jamannya lagi berkompetisi melainkan berkolaborasi, apalagi kreatifitas dan imajinasi sampai independent thinking”, ujarnya.

Adapun Dosen dan Cyber Security Officer IT Anwar Fattah, S. T., MTI. menyampaikan dalam materinya selaku narasumber kedua tentang Keamanan Digital, bahwa zaman sekarang kita perlu berhati-hati karena sekelas Sekretaris Kabinet SETKAB bisa di bobol, maka itu kita perlu menjaga dan melindungi data kita di dunia digital dan tidak mengunggah datap pribadi secara gamblang ke sosial media.

Kepala bagian MBKM LP3M UNP Muhammad Adri, S. Pd. M. T., juga menyampaikan selaku narasumber pemateri ketiga tentang Kecakapan Digital bahwa semenjak adanya covid, intensitas kita terhadap teknologi jauh lebih tinggi, tak ada yang dilakukan di dunia pendidikan hari ini baik, guru, dosen tanpa teknologi. Maka, bagaimana digital teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. 

Sementara itu narasumber terkhir Masruhan Muhfid, S. Pd., M. Kom., selaku pendidik juga influencer dan youtuber memberi materi etika digital, dalam materinya ia manyampaikan perkembangan Era digital ini harus diimbangi dengan peran kita sebagai manusia yaitudan etika, kalau dulu mulutmu adalah harimaumu, nah kalau sekarang jempolmu adalah harimaumu, sehingga kita harus memperhatikan setiap tulisan-tulisan kita. (Humas UNP) 



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah