Berita

Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang Selenggarakan Seminar Ketahanan Keluarga: Kolaborasi Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, dan Pemerintah

Rabu, 18 Januari 2023 Humas UNP - Siti Sarah 1312

Padang-- Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Seminar Ketahanan Keluarga dengan Tema “Membangun Keluarga Tangguh melalui Kolaborasi Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, dan Pemerintah. Kegiatan yang dilaksanakan di UNP Hotel and Convention mengundang berbagai pihak mulai dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, BKKBN Provinsi Sumatera Barat, DP3AKB Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, Organisasi Profesi (HIMPSI dan PPNI Wilayah Sumatera Barat), AIMI Sumatera Barat, hingga Prodi Psikologi selingkungan Sumatera Barat.

Seminar yang dilaksanakan pada 18 Januari 2022 ini dilakukan mengingat adanya urgensi ketahanan keluarga sebagai pondasi dasar dari ketahanan nasional. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang, Dr. Suryanef, M.Si., dalam sambutannya  bahwa perlu adanya sinergi dari berbagai pihak terkait, baik akademisi maupun praktisi untuk menemukan strategi bagaimana menanggapi tantangan-tantangan permasalahan seputar ketahanan keluarga di masyarakat kita. Seminar dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Refnaldi, M.Litt. yang mewakili Rektor UNP menyampaikan semangat untuk berkolaborasi karena ketahanan keluarga tidak hanya berkaitan dengan permasalahan terkait ekonomi juga permasalahan mental dan spiritual.

Seminar ketahanan keluarga ini terdiri dari dua sesi panel. Sesi panel yang pertama diisi oleh  Yuni Andra, SKM, MM yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, ST, M.Eng sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, dan Dr. Tuti Rahmi, M.Si., Psikolog. sebagai Ketua HIMPSI Wilayah Sumatera Barat membahas bagaimana mendukung peningkatan ketahanan keluarga. Pada sesi panel kedua diisi oleh Diana Setiyawati, M. Hsc., Psy., Ph.D. dari Fakultas Psikologi dan Center of Public Mental Health Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Ass. Professor Dr. Erminia Colucci dari Department of Psychology Middlesex University, London, United Kingdom dan Sári Haragonics, M.A., Ph.D yang merupakan Leading Trainer, Green Spider Foundation, Hungary membahas tentang bagaimana upaya mencapai Family Wellbeing. Seminar ini sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerja sama dengan BKKBN, PPNI, dan HIMPSI Wilayah Sumatera Barat sebagai langkah awal untuk bersinergi dalam menyusun program-program bersama terkait  ketangguhan keluarga yang berdampak besar bagi kesejahteraan fisik dan psikologis bagi masyarakat (OT/Humas UNP).




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah