Berita

Kolaborasi Internasional Departemen Bimbingan Konseling FIP UNP dengan Universitas Islam Antara Bangsa Sultan Abdul Halim Muadzam (Unishams) Malaysia

Jumat, 17 Maret 2023 Humas UNP - Siti Sarah 746

Padang - Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang  (BK FIP UNP) menerima kunjungan siswazah program sarjana dan master serta pensyarah jabatan bimbingan dan konseling Universitas Islam Antara Bangsa Sultan Abdul Halim Muadzam (UNISHAMS) Malaysia sejak dari tanggal 6 Maret 2023 sampai dengan 25  Maret 2023. Kunjungan ini diikuti oleh sebanyak 35 siswazah dan 4 orang pensyarah dalam perwujudan program Universitas Negeri Padang sebagai world class university. Kolaborasi internasional Departemen Bimbingan dan Konseling dengan UNISHAM difasilitasi oleh Hubungan Internasional Universitas Negeri Padang beserta Rektor, pimpinan Universitas dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Kolaborasi Internasional Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi misi UNP sebagai  Universitas Bermartabat dan Bereputasi Internasional. Kolaborasi Internasional kali ini di koordinir oleh Dr. Afdal.M.Pd. Kons sebagai Sekretaris Departemen dan Dr.Rezki Hariko.M.Pd. Kons sebagai Pembimbing HMJ BK, yang didukung oleh dosen-dosen dan pimpinan organisasi kemahasiswaan Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP. 

Kolaborasi antar dua universitas diawali oleh rapat team Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP, terdiri dari Ketua Program Studi S2 dan S3 BK FIP UNP Prof. Dr. Neviyarni.S. MS.Kons, Ketua program Studi PPK BK FIP UNP Dr. Yenikarneli. M.Pd. Kons dan Kepala Laboratorium BK FIP UNP Dr. Netrawati.M.Pd. Kons yang dipimpin oleh  Kepala Departemen, Prof. Dr. Firman, MS., Kons bersama  team dari UNISHAM yang dipimpin oleh  Dr.Mohd. Suhadi bin Mohammad Siddik yang dilaksanakan secara online, sebelum kedatangan rombongan ke UNP. Rapat ditujukan  untuk peninjau kurikulum masing-masing  beserta expexted learning  dan learning out came dari masing-masing Departemen/ Jabatan beserta mata-mata kuliah  dan perangkat pembelajar lainnya  sebagai penunjang. Berdasarkan pertemuan tersebut disepakati kolaborasi pelaksanaan perkuliahan dengan beberapa mata-mata kuliah dan  dosen/ pensyarah  dari Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dan jabatan Konseling UNISHAM.  

Kedatangan rombongan siswazah dan pensyarah UNISHAM bermula tanggal 6 Maret 2023, dengan temu ramah bersama pimpinan Fakultas dan Departemen beserta pimpinan organisasi kemahasiswaan di lingkungan FIP UNP. Kedatangan rombongan UNISHAM kali ini juga, dimanfaatkan untuk penguatan kerjasama Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dengan  Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Imam Bondjol, Universitas Mahmud Yusnus dan Universitas Syech Jamil Jambek Bukittinggi.

Kolaborasi  Internasional Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP, diawali oleh kegiatan seminar antar bangsa , dengan tema:  The Role Of Guidance and Counseling for Intervetion of Mental Health Problems In the era 5.0,  yang diadakan pada hari Selasa, 7 Maret 2023 di Aula FMIPA UNP. Keynote speaker dalam seminar ini, yaitu  Prof. Dr. Ahmad Rozelan bin Yunus dari University Islam Antar Bangsa Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah Malaysia. Selanjutnya invite speaker, yaitu  Dr. Mohd. Suhadi bin Mohammad Siddik (Unishams), Dr. Dina Sukma, S. Psi, S. Pd. M. Pd. (UNP), Dr. Ardimen, M. Pd., Kons. (UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar) dan Dr. Afnibar, M. Pd., Kons. (UIN Imam Bonjol Padang). Seminar antar bangasa  dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yang diwakili oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Prof. Dr. Hadiyanto, M. Ed.  Seminar juga dihadiri oleh  Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Pendidikan UNP Prof. Dr. Daharnis. M.Pd. Kons, Siswazah Unisham, mahasiswa UNP serta dosen dari Universitas Islam Negeri Muhamad Yunus Batusangkar dan Universitas Islam Negeri Imam Bondjol Padang. 

Selanjutnya Pensyarah UNISHAM yang di pimpin oleh Dr. Mohd. Suhadi bin Mohammad Siddik, Kepala Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP Prof.Dr. Firman.MS.Kons dan Dr. Afnibar. M.Pd.Kons melanjutkan kegiatan FGD peninjauan kurikulum Bimbingan dan Konseling Islam di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri  Imam Bondjol Padang. FGD kali ini dihadiri oleh para pakar dari jabatan Bimbingan dan Konseling UNISHAM, Departemen Bimbingan dan Konseling  FIP UNP serta para pakar dan dosen serta organisasi kemahasiswaan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Imam Bondjol Padang, yang dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Imam Bondjol Padang. Keessokan harinya  Pensyarah UNISHAM yang di pimpin oleh Dr. Mohd. Suhadi bin Mohammad Siddik, Kepala Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP Prof.Dr.Firman.MS.Kons melanjutkan kegiatan seminar internasional di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar.

Semenjak tanggal  7 Maret sampai dengan 24 Mret 2023 siswazah dan pensyarah dari UNISHAM menjalani team teaching dengan mahasiswa beserta dosen Departemen Bimbingan dan konseling FIP UNP. Kegiatan diawali dengan kunjungan rombongan terdiri dari siswazah dan pensyarah  ke ruangan laboratorium Bimbingan konseling FIP UNP. Kegiatan ini langsung dipandu oleh Ketua Laboratorium Bimbingan Konseling Ibu Dr. Netrawati, M. Pd., Kons. 

Selanjutnya kolaborasi dilanjutkan dengan  kuliah bersama antara siswazah UNISHAM dengan mahasiswa dan dosen Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP, dalam mata kuliah antra lain  : Bimbingan dan Kaunseling di Sekolah, Kaunseling Penyalahgunaan Dadah, Metodologi Penyelidikan dan Kaunseling, Seminar Kerjaya Semasa, Teori Personaliti dan Nilai Diri, Bimbingan dan Kaunseling di Sekolah, Pengujian dan Pengukuran Psikologi.  Siswazah Konseling UNISHAM yang menjalani pendidikan master bimbingan konseling mengikuti perkuliahan dalam sessi lain di Pascasarjana FIP UNP, Kegiatan Perkuliahan dipandu oleh Prof. Dr. Neviyarni.S.MS.Kons dalam mata kuliah Manajemen Bimbingan dan Konseling. 

Perkuliahan diikuti dengan antusias oleh siswazah dan mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP. Kolaborasi Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP dan Jabatan Konseling UNISHAM memperkuat relasi antara universitas dalam pengembangan Tridharma PT di masing-masing universitas.

Kegiatan pertukaran pelajar UNP dan Unishams diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan wawasan baik dosen dan juga pelajar sehingga pelaksanaan bimbingan dan konseling dapat dilaksanakan sesuai harapan semua pihak. (F/Humas UNP)










Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah