Berita

PKKMB UNP 2024 Gugus III Resmi Dibuka, Sambutan Menteri Nadiem Ajak Mahasiswa Baru Eksplorasi Potensi Diri

Jumat, 16 Agustus 2024 Humas UNP - Siti Sarah 78

Padang - Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Padang (UNP) tahun 2024 memasuki hari kelima dengan pelaksanaan PKKMB Gugus III, Jumat (16/8/2024). Acara pembukaan PKKMB Gugus III yang diadakan di Auditorium UNP ini dipimpin langsung oleh Rektor UNP, Krismadinata, Ph.D, dan disambut antusias oleh para mahasiswa baru.

Rektor UNP, Krismadinata, dalam sambutannya, mengingatkan kepada para mahasiswa untuk tidak terjebak pada hedonisme. Menurutnya, hedonisme hanya akan mengantarkan pada permasalahan yang bisa mengganggu tujuan perkuliahan mahasiswa. Beliau juga mengapresiasi kesuksesan PKKMB Gugus I dan II yang telah berlangsung sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim juga memberikan sambutan inspiratif yang disiarkan secara virtual. Dalam sambutannya, Menteri Nadiem menyambut para mahasiswa baru dengan hangat dan mengajak mereka untuk memanfaatkan masa perkuliahan sebagai waktu terbaik untuk menggali potensi dan jati diri.

"Adik-adikku mahasiswa baru, selamat datang di kehidupan dan dunia yang baru, kehidupan sebagai mahasiswa dan dunia kampus yang dinamis dan penuh lika-liku. Ini adalah masa-masa terbaik untuk menggali potensi dan jati diri. Waktu yang tepat untuk mengambil langkah berani dan melakukan eksplorasi," ujar Nadiem.

Lebih lanjut, Nadiem juga mengingatkan mahasiswa baru tentang pentingnya mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja dan mewujudkan cita-cita. Dengan adanya program Kampus Merdeka, peluang mahasiswa untuk belajar di luar kampus telah terbuka lebar. "Dalam lima tahun terakhir, mahasiswa Indonesia mendapatkan hak untuk belajar di luar kampus selama maksimal dua semester. Ada berbagai program yang diadakan Kemdikbud Ristek, seperti magang, studi independen, pertukaran pelajar di dalam dan luar negeri, proyek wirausaha, hingga praktek mengajar di daerah," jelasnya.

Menteri Nadiem juga menekankan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan, alumni program Kampus Merdeka menunjukkan waktu tunggu yang lebih singkat untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji pertama yang lebih tinggi dari rata-rata nasional. Hal ini menunjukkan bahwa program Kampus Merdeka memberikan dampak positif bagi karir lulusan perguruan tinggi.

"Saya berharap adik-adik semua bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan masa perkuliahan sebagai momentum untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya, belajar dari siapa pun dan di mana pun," pesan Nadiem menutup sambutannya.

Acara pembukaan PKKMB Gugus III ini berlangsung meriah dan penuh semangat, menandai awal perjalanan akademik bagi ribuan mahasiswa baru UNP yang siap mengeksplorasi dunia kampus dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang cerah. (Utr/Humas UNP)


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah