Berita

Jurusan Biologi FMIPA UNP Gelar Kolaborasi Seminar Nasional Biologi Sebagai Hilirisasi MBKM dengan 3 Kampus Ternama di Indonesia

Selasa, 14 Desember 2021 Humas UNP - Siti Sarah 1453

Padang-- Setelah sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Biologi Pertama pada Juni lalu, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang kembali mempersembahkan SEMNASBIO yang ke 2 di Tahun 2021 ini yang diselenggarakan Sabtu (11/12/2021) dengan tema “Inovasi riset Biologi dalam Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Lokal”. Kerjasama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) antara Jurusan Biologi FMIPA UNP dengan Jurusan Biologi UNESA, Program Studi Biologi FST UIN Syarif Hidayatullah dan UIN Raden Fatah telah berlangsung 2 semester, pada semester Juli-Desember ini MBKM dilaksanakan pada mata kuliah Entomologi, Ornitologi, Mikologi, Toksikologi dan Mikrobiologi Indusrtri yang diampu oleh dosen dari semua kampus MBKM.

Peserta kegiatan ini diikuti oleh 734 peserta yang terdiri dari 365 presenter dan 366 participant dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Keynote speaker pada Semansbio 2 kali ini menghadirkan pembicara utama Wakil Gubernur Sumatera Barat (Dr. Ir. Audy Joinaldy, S,Pt. M.Sc. MM. IPM. Asean. M.Eng), Dr. Wahyuni, M.Biomed (Pusat Bioteknologi BRIN), Prof. Dr. Azwir Anhar, M.Si (UNP), Dr. Sc. Agr. Yuni Sri Rahayu, M.Si (UNESA) dan Dr. Irham Falahudin, M.Si (UIN Raden Fatah Palembang). Semnasbio 2 ini mempertemukan Peneliti dan Dosen dengan Pemerintah, yang bertujuan Perguruan Tinggi dapat besinergi bersama Pemerintah sebagai upaya mendukung Program Pemerintah dalam peningkatkan pemanfaatan sumber daya lokal khususnya di Sumatera Barat. tutur Ketua Panitia (Siska Alicia Farma, S.Pd., M.Biomed). 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNP (Dr. Yulkifli, S.Pd. M.Si). Dalam sambutannya disampaikan harapan SEMNASBIO ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya dan hendaknya bertambah jumlah perguruan tinggi yang terlibat serta dapat dicontoh oleh program studi lainnya. Dekan kampus lainnya juga berharap tidak hanya kerjasama MBKM, namun harapannya melalui SEMNASBIO ini dapat meningkatkan jumlah publikasi dosen dan mahasiswa yang berkualitas. Selain itu juga meningkatkan karya inovasi-inovasi riset dosen dan mahasiswa yang menggali potensi sumber daya lokal daerah masing-masing sehingga mampu berdayasaing di event International. 

Tahun mendatang SEMNASBIO 3 akan diselenggarakan di Jakarta dengan tuan rumah Prodi Biologi FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Besar harapan MBKM tahun mendatang dapat diikuti oleh banyak lagi kampus ternama di Indonesia. (Er/Humas UNP)




Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah