Berita

Brainstorming SDGs, UNP Hadirkan Ketua Indonesia SDGs Center Network

Jumat, 14 Juni 2024 Humas UNP - Siti Sarah 734

Jumat, 14 Juni 2024--Knowledge Sharing #01 merupakan langkah awal dalam percepatan dan penguatan kepengurusan baru SDGs Center UNP. Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam pencapaian target SDGs yang diintegrasikan ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kehadiran perguruan tinggi sebagai pusat pengetahuan (center of excellence) membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi hingga pelaporan Rencana Aksi TPB/SDGs di Indonesia. 

SDGs Center Universitas Negeri Padang merupakan wujud nyata peran perguruan tinggi, hal ini disampaikan dalam laporan Prof. Dr. Abna Hidayati selaku Direktur. Pembentukan SDGs Center berada dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNP dapat mendorong riset dan pengabdian yang berkualitas dan berdampak. Semoga knowledge sharing ini bisa membawa UNP ke level yang lebih baik lagi, hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Anton Komaini selaku Ketua LPPM UNP.

Adapun narasumber kunci yang hadir yaitu Bapak Bayu Arie Fianto, Ph.D selaku Ketua Indonesia SDGs Center Network sekaligus Ketua SDGs Universitas Airlangga. Adapun talking point dari materi narasumber yaitu :

1. Perlu pemetaan ranking dan nilai terkait SDGs;

2. Menentukan goals yang ingin dicapai;

3. Mempersiapkan infrastruktur;

4. Pelatihan / knowledge building.

Materi dikemas dengan sangat komunikatif dan sesi tanya jawab semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi SDGs Center UNP dan SDGs Center Universitas Airlangga.

Setelah paparan narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan silahturahmi dengan pengurus baru yang telah ditetapkan dalam SK Pembentukan Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Negeri Padang. Mulai dari perkenalan tim sampai dengan pemetaan potensi serta jobdesk masing-masing. Selanjutnya, tim dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam implementasi SDGs Perguruan Tinggi. Knowledge Sharing #01 dimoderatori oleh Dr. Haris yang merupakan Wakil Direktur SDGs Center UNP.







Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah