Berita

Ribuan Siswa SMA dan SMK di Kota Padang Ikuti Sosialisasi SNPMB 2023 di UNP

Selasa, 14 Februari 2023 Humas UNP - Siti Sarah 662

Padang--Hampir 4000 orang siswa SMA dan SMK serta Kepala sekolah termasuk Guru Bimbingan Konseling hadir secara langsung di Auditorium UNP Kampus Air Tawar Padang,  Selasa 14 Februari 2023 mengikuti acara Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPB). Kegiatan yang berlangsung dalam dua sesi itu, yakni pagi untuk SMA dan dilanjutkan sesi siang untuk SMK.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D dalam arahannya mengatakan " UNP mengharapkan dukungan sekolah dan dinas pendidikan demi kelancaran kegiatan seleksi SNPMB tahun 2023, dihimbau kepada pihak sekolah agar jangan telat dalam mengirimkan data terkait di PDSS Selanjutnya Rektor UNP menambahkan " agar siswa SMA/SMK menyiapkan diri dan selalu mencari informasi yang akurat seputar perguruan tinggi yang akan dipilih. Begitupun kepada kepala sekolah serta guru-guru untuk dapat memberikan informasi SNPMB dan mengingatkan siswa untuk selalu belajar dan menjaga kesehatan untuk mengikuti SNBT,” ungkap Rektor UNP 

Sementara itu Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Dr. Sandrianto, M.Pd dalam sambutannya mengatakan " Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang penting sejalan dengan banyak perubahan dalam materi ujian tahun ini dan pihak Diknas terus akan berkolaborasi dengan UNP khususnya agar penyelenggaraan SNPMB tahun ini berjalan lancar", ujar Kadis Sumbar. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena melalui sosialisasi para siswa mendapatkan informasi  tentang cara pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu, para siswa juga dapat lebih leluasa berdiskusi terkait informasi  seleksi  penerimaan mahasiswa baru khususnya di Universitas Negeri Padang. “Dengan adanya Sosialisasi ini saya  berharap para siswa lebih termotivasi untuk melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi”.

Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana memaparkan bahwa penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi secara mandiri oleh PTN. Sedangkan penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri terdiri atas program diploma tiga, diploma empat atau sarjana terapan, dan sarjana.

Pada kegiatan UNP menurunkan para pemateri Sekretaris Universitas Dr. Erianjoni, M.Si, Wakil Direktur 1 Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si, Kepala Pusat Inovasi LPPM Prof. Dr. Rahadian Zainul, M.Si, Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan MBKM dan moderator Staf Ahli Rektor Bidang Publikasi Prof. Dr. Ifdil, M.Pd.Kons (Er/NE/Humas UNP)












Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah