Berita

Dep. IAI FIS UNP Buka Prodi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam :Satu-satunya Prodi Magister (S2) PAI Pada PTUN di Kawasan Sumatera

Kamis, 13 Juni 2024 Humas UNP - Siti Sarah 890

Padang-- Air Tawar. Alhamdulillah atas rahmat Allah SWT., Universitas Negeri Padang telah membuka Program Studi (Prodi) Magister (S2) Pendidikan Agama Islam. Hal ini tertuang pada Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Padang Nomor. 1263/UN35/ DT.03.02/2024 tentang Pendirian Program Studi Strata 2 (S-2) Pendidikan Agama Islam Pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang yang ditetapkan pada tanggal 3 Juni 2024

Dengan berdirinya Prodi Magister S2 PAI ini menjadikan UNP satu-satunnya PTUN yang menyelengarakan Pendidikan Agama Islam di kawasan Sumatera. Dimana, sebelumnya, UNP juga sudah berhasil mendirikan Prodi S1 PAI tahun 2016 silam. 

Beridirinya Prodi S2 PAI, disambut suka cita oleh segenap civitas akademik UNP, FIS, dan Dep. IAI serta alumni terutama S1 PAI. Alhamdulillah, selamat pada Dep. IAI, kami bersyukur adanya Prodi S2 PAI ini, insyaAllah kami akan jadi mahasiswa pertama prodi S2 PAI ini”. Ungkap para alumni S1 PAI FIS UNP dalam grup WA alumni S1 PAI lintas angkatan.

Dr. Ahmad Rivauzi, S.Pd I, MA,  yang menjadi Ketua Prodi S2 PAI dengan SK No. 431/UN35/KP/2024 tentang pengangkatan KaProdi S2 se lingkungan UNP tanggal 4 Juni 2024, ia mengucapkan terimakasih dan mohon dukungan atas beridirinya Prodi S2 PAI ini. “berdirinya prodi S2 PAI merupakan rahmat dari Allah Swt. Kita sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras kepada tim taskforce, keluarga besar Departemen Ilmu Agama Islam, serta segenap pimpinan fakultas dan Universitas. Alhamdulillah, setelah proses yang panjang, SK berdirinya Prodi S2 PAI di tanda tangani oleh Bapak Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D di saat menjelang berakhirnya masa jabatan beliau”.

Senada dengan itu Kepala Dep. IAI Dr H. Alfurqan, M.Ag merasa bersyukur dan berharap dengan adanya Prodi S2 PAI ini akan menjadi pilihan alternatif dalam pengembangan diri bagi pendidik agama Islam “kita besyukur dan berharap dengan berdirinya Prodi S2 PAI di UNP akan menjadi pilihan alternatif dalam pengembangan diri bagi pendidik agama Islam baik sebagai guru, dosen atau bagi semua lulusan kegamaan yang ingin mengembangkan dirinya pada pendidikan Strata dua (Magister), ungkapnya.

Lebih jauh Ahmad Rivauzi yang juga merupakan Wakil Dekan II FIS UNP priode tahun 2019-2023 ini meceritakan bagaimana proses pendirian Prodi S2 PAI ini. Menurutnya Rencana pendirian Prodi S2 PAI ini sudah dimulai dari tahun 2020 silam, pada saat itu Ketua TIM Taskforcenya adalah bapak Prof. Dr. Fuady Anwar, M.Ag (Alm). Rencana mulia tersebut mendapatkan dorongan dan dukungan kuat dari Bapak Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D. sebagai Rektor UNP, dan Ibu Prof. Dr. Siti Fatimah, M.Pd., M.Hum. sebagai Dekan FIS beserta jajaran Dekanat (Periode 2019-2023). Apresiasi  dan terimakasih juga atas dukungan Bapak Afriva Khaidir, S.H., M.Hum, MAPA, Ph.D dan jajaran pimpinan fakultas (periode 2023-2028).

Sebagaimana diketahui UNP di bawah kepemimpinan Prof. Ganefri sudah menjelma menjadi Perguruan Tinggi Unggul dengan berbagai capaian-capaian luar biasa. Sebagai perguruan tinggi unggul, salah satu kekuatannya adalah sebagai perguruan tinggi negeri kependidikan (sebelumnya IKIP) yang memiliki SDM hebat di bidang pendidikan. Sumber daya ini akan menjadi kekuatan pendukung bagi Prodi Magister S2 PAI UNP di samping mengembangkan kompetensi kependidikan dan keagamaan Islam. 

InsyaAllah Pada Tahun 2024 ini, Prodi S2 PAI UNP sudah mulai menerima mahasiswa baru, dan mengundang pendidik agama Islam baik sebagai guru, dosen atau bagi semua lulusan kegamaan yang ingin mengembangkan dirinya pada pendidikan Strata dua (Magister) untuk bergabung. ES.79 



Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah