Berita

Program Kemitraan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNP-Inovasi Kelas Gizi dan Pertumbuhan Anak di Nagari Pilubang 50 Kota

Jumat, 11 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 59

Tim Program Kemitraan Masyarakat dari Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang yang dipimpin oleh  Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, dr. Benny Alexander Maisa, M. Biomed, dan Dr. Ricvan Dana Nindrea, S.K.M., M. Kes., M. Sc(Epid)., FRSPH, bersama para mahasiswa, Fitria Eka Meyati Tanu, Navila Samsa Volasoohy, Fathiya Rizqillah Ranza, Arzeta Aprilia, Novia Elsaputri, Salma Nasira Rusdha, dan Saminur Muzaqi mengadakan Inovasi Kelas Gizi di Nagari Pilubang 50 Kota, beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang mengangkat tema “Inovasi Kelas Gizi dan Pertumbuhan Anak Pada Orang Tua Balita, Kader Posyandu, dan Kelompok Tim Penggerak PKK Nagari Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota” ini menghadirkan dosen Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran UNP, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed sebagai narasumber. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya asupan makanan bergizi untuk pertumbuhan anak guna mencegah stunting melalui edukasi dan kelas inovatif praktik pemberian Makanan Pendamping ASI (MP ASI). 

Agenda ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat antara lain Wali Nagari Pilubang, Endi Refli, S.S, beserta jajaran perangkat Nagari , Bamus, Misrawita, Kepala Jorong Balai, Syamsir, Kepala Jorong Jonjang Tinggi, Faisal dan Kepala Jorong Koto Nan Godang, Mardoni, serta masyarakat, terutama para ibu dengan anak usia 6-23 bulan.

Pada kegiatan ini, masyarakat, para ibu dengan baduta, kader posyandu, dan kelompok TP PKK di Nagari Pilubang 50 Kota mengikuti serangkaian kegiatan, dimulai dengan pre-test,  pemaparan materi Kelas Inovasi Gizi menggunakan media food model dan praktik pemberian MP ASI. Masyarakat juga diperlihatkan finger food inovatif berbahan pangan lokal sumber protein hewani tinggi dari Sumatera Barat yakni FILIH, Finger Food dari ikan bilih yang berbentuk nugget dan mudah digenggam, produk Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) oleh  Mahasiswa FK UNP yang dalam hal ini diwakilkan oleh Navila Samsa Volasoohy. Selain itu, terdapat pembagian doorprize bagi para ibu yang berhasil menjawab kuis. Untuk mengevaluasi pemahaman para ibu setelah mengikuti kelas, para peserta diberikan post-test yang harus dikerjakan.

Besar harapan, pelaksanaan Inovasi Kelas Gizi ini mampu merubah sikap, meningkatkan pengetahuan, dan membentuk keterampilan yang tepat dalam mewujudkan praktik pemberian MP ASI yang tepat di tengah masyarakat, khususnya Nagari Pilubang, 50 Kota.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah