Berita

Program Kemitraan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNP - Praktik Hidup Bersih dan Sehat dalam Pencegahan Stunting di Nagari Pilubang 50 Kota

Jumat, 11 Oktober 2024 Humas UNP - Siti Sarah 165

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang, melalui Tim Program Kemitraan Masyarakat melaksanakan kegiatan edukasi dan praktik hidup bersih dan sehat (PHBS) terkait pengolahan dan penyajian makanan di Nagari Pilubang, Lima Puluh Kota. Kegiatan ini melibatkan Dosen dan Mahasiswa yang dipimpin oleh dr. Benny Alexander Maisa, M. Biomed, bersama Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, dan Dr. Ricvan Dana Nindrea, S.K.M., M. Kes., M. Sc(Epid)., FRSPH, dan beberapa mahasiswa yaitu Fathiya Rizqillah Ranza, Fitria Eka Meyati Tanu, Navila Samsa Volasoohy, Arzeta Aprilia, Muthi Sarı Defrizal, Mufidah Lailatul Qadariyah, Nayla Lisrha,  Novia Elsaputri, Salma Nasira Rusdha, Saminur Muzaqi, dan Zelly Salmiyanti.

Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan menerapkan higienitas dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pengolahan dan penyajian makanan untuk mencegah stunting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Nagari Pilubang, Endi Refli, S.S.,dan perangkat Nagari lainnya, kader Posyandu, Tim Penggerak PKK, serta masyarakat setempat, terutama ibu-ibu yang memiliki balita. 

Kegiatan dimulai dengan pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta, diikuti oleh pemaparan materi oleh dr  Benny Alexander Maisa, M.Biomed tentang pentingnya higienitas dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam pengolahan dan penyajian makanan serta sesi demonstrasi cara mencuci tangan sesuai pedoman WHO, lalu ditutup dengan pemberian post-test kepada peserta untuk menilai peningkatan pemahaman mereka terhadap materi dan praktik yang telah dilakukan.

Melalui agenda ini diharapkan agar masyarakat memahami dan mau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama praktik higienitas dalam pengolahan dan penyajian makanan  sebagai bagian dari kebiasaan harian dalam rangka pencegahan dan tatalaksana stunting.


Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah