Berita

Dekan FMIPA UNP Wakili Rektor dalam Pembukaan Temu Usaha Agribisnis PENAS Petani Nelayan XVI di Padang

Minggu, 11 Juni 2023 Humas UNP - Siti Sarah 648

Padang---Dekan Fakuktas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang Dr. Yulkifli, M.Si memberikan arahan dan memaparkan materi tentang “Kontribusi UNP dalam Pengembangan Usaha Menengah dan Kecil" dalam kegiatan Pembukaan Temu Usaha Agribisnis PENAS Petani Nelayan XVI di Padang, Minggu (11/6) di Ballroom UNP Hotel and Convention, Kampus Air Tawar Padang. Sambutan tersebut diberikan dalam rangka mewakili Rektor UNP Prof. Ganefri Ph.D. Pada Kegiatan ini juga hadir dan memberikan sambutan Ketua panitia temu Usaha Agribisnis dari KTNA: Bambang Supartoko, SP, M.Si, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat Dr. Endrizal, SE, M.Si. Dari tingkat pusat hadir Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan  Ir. Indah Megahwati, MP, Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Batara Siagian, S.P., M.AB, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Sekaligus Narasumber serta tamu dan undangan Temu Usaha Agribisnis Pekan Nasional Petani Nelayan XVI di Padang, khusus di UNP.

Dalam sambutannya Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli, M.Pd “Kontribusi UNP dalam  pengembangan UMKM Agribisnis, dilakukan dengan kerangka Tridharma Perguruan Tinggi, dengan cara (a). Pendidikan (sejak tahun 2022 bergabung eks STIPer Sijunjung ke UNP dengan 3 prodi termasuk Agribisnis) juga sedang proses pembukaan D1 Akademi Komunitas kerja sama dengan ICMI Pusat (b). Penelitian (UNP mendanai penelitian tentang UMK Agribisnis pertahun 1-5 milyar/tahun dan menghasilkan produk pendukung berupa teknologi hasil pertanian oleh (Prodi Teknik Mesin FT) dan Inovasi pengolahan limbah pertanian, pembibitan, hidroponik, pengawetan (Prodi Biologi FMIPA). Pengembangan olahan hasil pertanian berupa makanan dari ubi, pisang, nenas, bengkoang oleh (Prodi Tataboga FPP), klinik  konsultasi pendirian usaha, manajemen dan Pemasaran UMK (Prodi Ilmu Manajemen FE), dan (c) Pengabdian Masyarakat: Hasil penelitian dosen dihilirisasi ke UMK berupa Penyuluhan, pelatihan, Bimteks dan sebagainya, hampir 3 milyar/tahun dana digulirkan untuk mendukung program ini”

Ditambahkan oleh Dekan energik ini adanya Kerangka kegiatan akademik dan non akademik, seperti (a.) KKN Tematik Kewirausahaan UMK ke beberapa Nagari di Sumbar, tiap tahun UNP menurunkan 10 ribu mahasiswa, dan (b). UPT Pengembangan Karier  dan Kewirausahaan (UPT PKK telah ikut menyiapkan ratusan calon usahawan muda termasuk di bidang agrobisnis dan membiayai kegiatan mereka dan (c) Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan tiap tahun ikut lomba rencana bisnis UMK berbasis agribisnis. Selain itu di Sijunjung juga akan dibuka Unit pembibitan Hortikultura bekerjasama dengan IPB University” tegas Alumni S3 Fisika ITB Bandung ini

UNP Berperan akftif dan mendukung kegiatan Penas XVI  seperti Pameran, tarian massal karya koreografer handal Prof. Indra Yuda, Ph.D. dan sarana prasarana lainnya (Er/ Humas UNP)





Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah