Berita

UNP Gelar Kuliah Umum Bersama Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Kiki Yuliati

Jumat, 10 November 2023 Humas UNP - Siti Sarah 591

Padang - Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kuliah umum bersama Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc di Auditorium UNP Kampus Utama Air Tawar Padang, Jumat (10/11/2023).

Kuliah umum yang dihadiri oleh lebih dari 4.000 mahasiswa Sekolah Vokasi UNP ini mengusung tema “Tantangan dan Peluang Pendidikan Vokasi Menuju Indonesia Emas 2045”.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D saat membuka acara itu mengatakan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu Sekolah Vokasi UNP dengan terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk perkuliahan dan praktek mahasiswa Sekolah Vokasi UNP.

Tidak hanya itu, lanjut Prof. Ganefri, UNP terus berupa mendekatkan Sekolah Vokasi UNP dengan lapangan pekerjaan dengan terus menjalin kerjasama dengan sejumlah pelaku industri di Indonesia.

"Sekolah vokasi UNP terus tumbuh dan berkembang, hingga kini total mahasiswa Sekolah Vokasi kita capai angka 5.700an mahasiswa. Itu sudah sama dengan jumlah mahasiswa politeknik," ungkap Rektor.

Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc sebelum memaparkan materi mengenai tantangan dan peluang pendidikan vokasi, ia sangat mengapresiasi perkembangan UNP yang sangat luar biasa pesatnya.

Dalam acara yang dimoderatori Kepala Departemen Teknik Otomotif, Wawan Purwanto, M.T, Ph.D, Ia mengungkapkan ada sejumlah tantangan bagi pendidikan vokasi di Indonesia.

"diantaranya dinamika perkembangan Teknologi, persoalan lingkungan dan ketidakpastian geopolitik mempengaruhi kehidupan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, ketersediaan lapangan kerja, dan kompetensi kerja," jelasnya.

Lebih lanjut Dr. Kiki juga memaparkan bagaimana peluang pendidikan vokasi dan transformasi pendidikan vokasi di Indonesia.

Dalam acara itu juga dilaksanakan launching Teaching Factory (TeFa) Universitas Negeri Padang oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc kemudian meninjau labor dan TeFa animasi, dan menggunting pita peresmian Tefa automasi.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Vokasi, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala UPT, Kepala Departemen Selingkungan UNP serta para Dosen. (utr/Humas UNP)


















Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah