Berita

Vorcent UNP Gelar Penelitian Kolaborasi Internasional dengan MyRIVET Universiti Tuan Hussein Malaysia

Rabu, 10 Juli 2024 Humas UNP - Siti Sarah 542

Tim peneliti dari Vocational Research Center Universitas Negeri Padang (Vorcent-UNP) melaksanakan Penelitian Kolaborasi Internasional dengan Malaysia Research Institute for Vocational Education and Training (MyRIVET) and Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Penelitian dimulai dengan pembahasan pelaksanaan pilot studi secara tatap muka di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia pada tanggal 9-10 Juli 2024. Ketua tim peneliti, Prof. Ir. Syahril, M. Sc., Ph. D, memaparkan tentang Student’s Regional Potential-based Project, sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang didasarkan pada potensi daerah mahasiswa, yang sudah dikembangkan tim penelitian sejak tahun 2018. Model pembelajaran ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka, tetapi juga bertujuan untuk mengembangkan potensi daerah mereka yang akan berdampak kepada pengembangan ekonomi atau penyelesaian masalah teknologi di kalangan masyarakat daerah mereka.

Lebih lanjut, pemaparan tentang Student’s Regional Potential-based Project disampaikan oleh Rahmat Azis Nabawi, sebagai perwakilan dari anggota lainnya yaitu, Dr. Rizky Ema Wulansari, S.Pd., M.Pd.T. dan Dian Safitri, M.Pd. Beliau menjelaskan bahwa dalam model pembelajaran ini mahasiswa tidak hanya diarahkan untuk menemukan masalah tetapi melatih mereka melalui proses brainstorming untuk melihat peluang dari potensi daerah mereka yang selama ini tidak atau belum dikembangkan secara optimal.

Dr. Tee Tze Kiong, selaku perwakilan dari MyRIVET UTHM, menyampaikan bahwa model pembelajaran ini nantinya akan diterapkan pada perkuliahan di UTHM Malaysia dan akan ditinjau dampaknya terhadap perkembangan kemampuan 6Cs (Creativity and Innovation, Critical thinking and problem solving, comunication, collaboration, character and citizenship) mahasiswa dan efektifitas terhadap pemecahan masalah dan pengembangan potensi daerah dari setiap mahasiswa Malaysia.

 Kegiatan ini disambut langsung Prof. Jailani Md Yunos selaku Direktur MyRIVET. Anggota tim penelitian dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia yang hadir diantaranya Dr Mohd Zulfadli Bin Rozali, Prof. Madya Ts. Dr. Badaruddin Bin Ibrahim, Prof. Madya Ts. Dr. Faizal Amin Nur Bin Yunus, dan Aprilla Fortuna selaku asisten peneliti Vorcent UNP.






Share:

Informasi

The more that you read, the more things you will know, the more that you learn, the more places you’ll go.”– Dr. Seuss
Author :
Humas UNP - Siti Sarah